Sejarah Masjid At-Tin TMII yang Ternyata Diarsiteki Ayah dan Anak

Senin, 25 Juli 2022 - 06:05 WIB
loading...
Sejarah Masjid At-Tin TMII yang Ternyata Diarsiteki Ayah dan Anak
Masjid At-Tin yang berada di Kompleks TMII dibangun dan didedikasikan untuk mendiang istri mantan Presiden Soeharto yakni Raden Ayu Siti Hartinah atau lebih dikenal Ibu Tien Soeharto. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masjid At-Tin yang indah nan megah di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dibangun dan didedikasikan untuk mendiang istri mantan Presiden Soeharto yakni Raden Ayu Siti Hartinah atau lebih dikenal Tien Soeharto . Di balik anggunnya Masjid At-Tin ternyata masjid tersebut dirancang ayah dan anak.

Arsitek Masjid At-Tin yakni Fauzan Noeman dan Achmad Noeman. Masjid itu dibangun pada tahun 1997 dan resmi dibuka pada 26 Desember 1999.
Baca juga: Peringati 100 Tahun Presiden Soeharto, Keluarga Gelar Doa Bersama di Masjid At Tin

Masjid At-Tin dibangun di atas tanah seluas 70.000 meter persegi dengan luas bangunan 10.413 meter persegi. Selain terinspirasi dari nama Ibu Tien Soeharto, nama At-Tin juga merujuk pada nama surah ke-95 dalam Al-Quran yakni Surah At-Tin.

Masjid At-Tin ini merupakan impian besar sang keluarga untuk mengenang istri mantan Presiden Soeharto. Anak-anak Ibu Tien juga mendirikan Yayasan Ibu Tien Soeharto.
Baca juga: Makna dan Keutamaan Membaca Surat At-Tin, Surat Favorit Para Imam

Rancangan unik dan memukau menjadi keunggulan masjid ini. Masjid At-Tin memiliki kubah raksasa di atap dilengkapi 4 menara di setiap sudut. Selain itu, ada juga pintu masuk berbentuk anak panah yang unik.

Walaupun jauh dari permukiman, Masjid At-Tin tidak pernah sepi jamaah. Kebanyakan dari mereka adalah para pengunjung, terutama saat sholat Idul Fitri. Di hari-hari besar Islam, ramai jamaah yang mendatangi dan menyemarakkan hari besar keagamaan di Masjid Agung At-Tin.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1386 seconds (10.55#12.26)