KNKT Investigasi Kecelakaan Maut di Cibubur Bekasi, Ini Hasilnya

Selasa, 19 Juli 2022 - 08:21 WIB
loading...
KNKT Investigasi Kecelakaan Maut di Cibubur Bekasi, Ini Hasilnya
Petugas mengevakuasi sejumlah kendaraan yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan di Jalan Transyogi, Cibubur, Kota Bekasi, Senin (18/7/2022). Foto/Antara
A A A
BEKASI - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mulai melakukan proses investigasi menyeluruh atas kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Raya Alternatif Transyogi Cibubur, Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi.

”Pertama kita periksa kendaraan, kemudian akan mengukur jalan ini, selopnya berapa, panjang landai tipisnya berapa, terus ada isu mengenaitraffic lightjuga, nanti kita amati dan analisa,” ujar Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan di Bekasi, Selasa (19/7/2022).

Pihaknya juga akan meminta keterangan dari sang pengemudi truk tangki bahan bakar minyak yang menjadi penyebab tabrakan beruntun untuk mengetahui seperti apa ihwal kejadian yang sebenarnya.

”Kita lakukan evaluasi komprehensif untuk menarik kesimpulan. Jadi nanti kita akan menganalisa secara holistik semuanya. Kita terfokus pada kejadian di titik itu, atau bisa jadi melebar ke mana, tapi kita belum tahu,” ucapnya.



Wildan mengaku sejauh ini temuan KNKT masih bersifat kualitatif sehingga pihaknya belum dapat memberikan kesimpulan atas peristiwa nahas tersebut walau untuk sementara waktu.

”Ada yang menyatakan rem blong, turunan panjang, di sini sering terjadi kecelakaan, ada yang bilangtraffic light. Itu yang nanti kita analisa, kita hitung, detil, sehingga secara saintifik bisa menjelaskan bagaimana kecelakaan ini terjadi,”ucapnya.

Dia juga memastikan tidak akan membutuhkan waktu lama dalam menyelesaikan seluruh proses investigasi dan menganalisa hasil penyebab kecelakaan.

”Kalau ini kan bukan hal yang sulit ya, jadi mudah-mudahan secepatnya. Saya akan periksa kendaraan dan wawancara pengemudi dahulu. Mungkin 1-2 hari sudah punya gambaran apa yang terjadi,” kata dia.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)