BRIN Dukung Pameran Riset Inovasi Terbesar INARIE 2022 di Cibinong

Kamis, 14 Juli 2022 - 20:46 WIB
loading...
BRIN Dukung Pameran Riset Inovasi Terbesar INARIE 2022 di Cibinong
Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) mendukung penyelenggaraan INARIE 2022 pada 27-30 Oktober 2022 di Gedung Innovation Convention Center, Kawasan Sains dan Teknologi, Cibinong, Bogor. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) mendukung penyelenggaraan Indonesia Research and Innovation Expo (INARIE) 2022 pada 27-30 Oktober 2022 di Gedung Innovation Convention Center, Kawasan Sains dan Teknologi, Cibinong, Bogor.

INARIE merupakan perhelatan tahunan sebagai momen untuk memperlihatkan berbagai keberhasilan riset dan inovasi hasil karya anak bangsa.
Baca juga: BRIN dan Telkom University Kolaborasi Kembangkan Teknologi Metaverse

Untuk mengenalkan INARIE 2022 kepada masyarakat luas, BRIN mendukung Soft Launching INARIE 2022, Rabu (13/7/2022).

Masyarakat sebelumnya telah mengenal gelaran Riset, Inovasi, dan Teknologi Expo (RITECH EXPO), sebuah pameran berskala besar dalam menunjukkan karya-karya inovatif anak bangsa. Kali ini, RITECH EXPO telah bertransformasi menjadi Indonesia Research and Innovation Expo (INARIE).

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, transformasi ini tidak lepas dari lahirnya BRIN sebagai lembaga yang dibentuk untuk menjadi induk seluruh aktivitas riset dan inovasi di Indonesia.

“INARIE diharapkan dapat meneruskan kesuksesan RITECH EXPO dan lebih menonjolkan peranan riset dan inovasi teknologi dalam mengawal perubahan era. Sehingga, INARIE dapat membawa pameran riset terbesar ini ke level berikutnya,” ujar Handoko.

INARIE 2022 akan menjadi event berskala internasional dengan mengusung tema Digital, Green & Blue Economy. Kegiatan ini menjadi ajang pamer (show case) hasil invensi dan inovasi karya anak bangsa dengan ruang lingkup antara lain bidang pangan dan pertanian, kesehatan dan obat, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, energi, material maju, hankam, kemaritiman, penanggulangan bencana, serta sosial budaya.

INARIE 2022 bertujuan menyatukan para periset, inovator, dan inventor dari berbagai institusi riset; termasuk mitra dan para pemangku kepentingan untuk saling mempromosikan, melihat, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam membentuk masa depan riset dan inovasi di Indonesia dan dunia.

“BRIN ingin mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi guna mewujudkan ekonomi berbasis digital, berwawasan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia,” katanya.

INARIE 2022 akan menjadi kegiatan pameran dan edukasi publik luring pertama yang didukung oleh BRIN dan melibatkan masyarakat umum. Selama tiga tahun ke belakang secara berturut-turut, kegiatan pameran dan edukasi publik dilaksanakan dalam format virtual-exhibition.
Baca juga: 4 Srikandi Peneliti BRIN Dikukuhkan sebagai Profesor Riset

Sebagai informasi, INARIE merupakan bagian dari Presidensi G20 Indonesia 2022 di mana BRIN berperan sebagai pengampu kegiatan Research and Innovation Initiative Gathering (RIIG) dan Space 20.

INARIE 2022 juga terkoneksi dengan ASEAN Startup Festival yang diikuti oleh startup dari negara anggota ASEAN dan India. “Tahun ini, melalui INARIE 2022 Indonesia mendapat peluang untuk membangun kerja sama internasional dalam membangun kapasitas inovasi, memfasilitasi transfer teknologi, dan mempromosikan teknologi sebagai penggerak utama pembangunan berkelanjutan,” ujar Handoko.

INARIE 2022 akan melibatkan lebih dari 50 peserta pameran (exhibitor) baik dari lembaga riset, pemerintah, kalangan bisnis/pengusaha, maupun komunitas. Kegiatan ini menargetkan total sekitar 6.000 pengunjung yang akan hadir, yang berasal dari pemerintah pusat/daerah/regional termasuk lembaga pemerintah, industri/komersial, stakeholder iptek dan inovasi, lembaga riset, UMKM, komunitas, pengguna akhir dan masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa, serta media massa.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)