Pengoplosan Elpiji Bersubsidi di Bekasi Dibongkar, Ratusan Tabung Gas Disita

Rabu, 13 Juli 2022 - 19:21 WIB
loading...
Pengoplosan Elpiji Bersubsidi di Bekasi Dibongkar, Ratusan Tabung Gas Disita
Satreskrim Polres Metro Bekasi Kota menangkap 4 tersangka pengoplos gas elpiji bersubsidi di wilayah Bantargebang, Kota Bekasi. Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
BEKASI - Satreskrim Polres Metro Bekasi Kota menangkap 4 tersangka pengoplos gas elpiji bersubsidi di wilayah Bantargebang, Kota Bekasi. Polisi mengamankan ratusan tabung gas elpiji sebagai barang bukti.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota Kompol Ivan Adhitira mengatakan. keempat pelaku bermodus menjual gas subsidi dengan mengubahnya menjadi non subsidi. Caranya, dengan memindahkan isi gas dari tabung 3 kilogram ke tabung 12 kilogram dan 50 kilogram.

“Tabung gas 3 kg itu merupakan gas subsidi yang kemudian dipindahkan oleh pelaku ke tabung 12 kg dan tabung 50 kg. Sehingga pelaku menjual dalam keadaan non subsidi,” ucap Ivan dalam konferensi pers, Rabu (13/7/2022).

Baca juga: Bareskrim Tangkap 2 Pelaku Kasus Penyuntikan Gas Elpiji 3 Kg ke 12 Kg

Adapun keempat pelaku yang teridentifikasi, yakni ML (28) sebagai pemilik, serta TP (30), BK (38), dan DFD (23) sebagai penyuntik.

Pelaku mengumpulkan tabung gas bersubsidi 3 kilogram dengan cara membeli dari toko-toko kelontong. Mereka mengumpulkannya hingga berjumlah ratusan. Puluhan juta dana mereka kucurkan untuk membeli tabung-tabung tersebut.

“Ratusan tabung gas 3 kg ini didapati dari pelaku berkeliling ke sekitar daerah tempat tinggalnya,” tutur dia.



“Dia ada regulator. Ini proses dia menggunakan ini (regulator) untuk memindahkan dari 3 kg ke 12 kg atau 50 kg, hanya menggunakan ini,” imbuhnya.

Secara total barang bukti yang diamankan polisi yaitu 474 tabung gas ukuran 3 kg, 17 tabung gas 50 kg, 136 tabung gas ukuran 12 kg, dan sejumlah selang regulator.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3367 seconds (11.252#12.26)