alexametrics

2015, taman di Depok bertambah jadi 8

loading...
2015, taman di Depok bertambah jadi 8
Ilustrasi. (Dok. Sindo)
A+ A-
Sindonews.com - Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Depok masih minim. Padahal RTH itu penting untuk ruang publik, sarana bermain anak dan wadah kaula muda untuk melakukan kegiatan positif.

Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok Kania Parwanti mengatakan, 2015, pihaknya akan menambah dua taman baru. Sehingga pada tahun depan, total taman yang akan dimiliki Depok berjumlah delapan taman kota (tamkot).

"Saat ini Depok punya enam taman kota. Antara lain Taman Anggrek yang berada di wilayah barat Depok, empat taman kota yang terletak di tengah Kota Depok yakni Taman Proklamasi, Taman Gurame, Taman Bundaran UI dan Taman Merdeka. Sedangkan di sebelah timur Depok ada Taman Jatijajar," terangnya kepada wartawan di Depok, Selasa (7/1/2014).

Dia mengungkapkan, dua taman baru yang akan dibangun pada 2015 adalah Taman Lembah Leli dan Taman Lembah Mawar. Saat ini tahapannya sudah sampai engineering design.

"Anggaran dua taman tersebut sekira Rp925 juta. Rp725 juta untuk Taman Leli dan Rp200 juta untuk Taman Lembah Mawar," bebernya.

Kania menjelaskan, dari 1.180, 33 hektar lahan yang difungsikan untuk taman, saat ini yang sudah terealisasi sebanyak 308, 72 hektar lahan. Sehingga masih ada 871.61 hektar.

"Saat ini warga hanya tahu taman kota yang di Merdeka atau di bundaran UI. Kini tahun depan warga dapat menikmati delapan taman kota lain dan tentunya memaksimalkan taman tersebut dengan berbagai kegiatan serta enggak perlu lagi pergi ke luar Depok untuk mencari taman," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas BPMK Widyanti Riyandani mengakui, pihaknya telah berkoordinasi dengan DKP terkait fasilitas pendukung yakni layak anak.

"Kami akan berikan fasilitas untuk mendukung anak agar mereka dapat belajar di kelas alam. Misalnya di taman, anak-anak bisa belajar tentang lingkungan dan jenis-jenis pohon," katanya.

Fasilitas tersebut juga terkait tentang pendidikan seni dan budaya. "Dengan adanya fasilitas di taman kota-kota, anak-anak dapat juga mengikuti berbagai perlombaan di taman atau bisa juga nanti dibuat taman baca," pungkasnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak