Idul Adha 1443 Hijriah, Masjid Istiqlal Sembelih 35 Sapi dan 17 Kambing

Senin, 11 Juli 2022 - 13:08 WIB
loading...
Idul Adha 1443 Hijriah, Masjid Istiqlal Sembelih 35 Sapi dan 17 Kambing
Warga tampak berswafoto di dekat sapi milik Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta. Foto: Dok/MNC Portal Indonesia
A A A
JAKARTA - Masjid Istiqlal menyembelih 35 sapi dan 17 ekor kambing kurban pada Idul Adha 1443 Hijriah , Senin (11/7/2022). Penyembelihan pertama dimulai dengan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjenis simental dengan bobot 1,2 ton sekitar pukul 09.20 WIB disusul sapi milik Wapres KH Ma'ruf Amin.

"Alhamdulillah tahun ini kita menyembelih 35 ekor sapi dan 17 ekor kambing. Alhamdulillah baru saja kita melakukan penyembelihan hewan kurban bapak Presiden segera kita susul Wapres dan yang lainnya," kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar kepada wartawan di Jakarta, Senin (11/7/2022). Baca juga: Sapi Kurban Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal Disembelih Besok

Nasaruddin mengaku, pemotongan hewan kurban di Masjid Istiqlal telah memenuhi standar internasional dan dikontrol ketat oleh beberapa petugas kesehatan.

"Penyembelihnya juga adalah penyembelih profesional. Setiap tahun Istiqlal itu standarnya selalu harus didampingi oleh tim kesehatan," ujarnya.

Usai penyembelihan, daging-daging akan langsung disalurkan kepada masjid-masjid binaan Masjid Istiqlal. Nasaruddin mengatakan, pihaknya tidak melayani dalam pengambilan bentuk kupon.



"Kita di Istiqlal tidak melayani kupon-kupon dari masyarakat, kali ini kita berikan langsung ke masjid-masjid yang listnya sudah ada di kita, bukan saja masjid tapi lembaga-lembaga. Misalnya, kan ada perguruan tinggi ada asrama penghafal Quran, ada asrama-asrama yang membutuhkan perhatian khusus semuanya," tutur dia.

Lebih lanjut, untuk pendistribusian daging sapi milik Presiden RI Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin, Nasaruddin mengatakan, akan memprioritaskan kepada mereka yang paling berhak.

"Jadi hewan-hewan kurban itu mereka yang paling berhak, di sini kan ada 260 orang cleaning service, merekasehari-hari melayani jamaah, membersihkan masjid, itu kita prioritaskan semuanya," ujarnya.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal, lanjutnya akan berlangsung selama tiga hari. Sebab masih ada donatur yang terus berdatangan untuk menyumbangkan sapi dan kambingnya disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Masjid Istiqlal. Baca juga: Presiden Jokowi Sumbang Satu Ekor Sapi dengan Berat 1 Ton ke Istiqlal, Ini Spesifikasinya

"Penyembelihan tiga hari dan masih ada kok yang mau menyalurkan ke Istiqlal jadi tadi itu 35 itu tidak tertutup kemungkinan ada menyerahkan besok, lusa masih bisa itu," katanya.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3701 seconds (11.252#12.26)