Jelang Salat Idul Adha di JIS, Dinkes DKI Buka Gerai Vaksinasi

Jum'at, 08 Juli 2022 - 10:20 WIB
loading...
Jelang Salat Idul Adha di JIS, Dinkes DKI Buka Gerai Vaksinasi
Masyarakat melakukan Salat Idul Fitri di JIS, Jakarta Utara. Foto: Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menggencarkan percepatan vaksinasi dosis ketiga atau booster menjelang Salat Idul Adha 1443 Hijriah . Pemprov DKI bakal menggelar Salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS), Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dinkes DKI menyiapkan 1.000 dosis per hari untuk pelaksanaan vaksin booster menggunakan mobil keliling yang akan dibuka mulai hari ini, Jumat (8/7/2022).Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti menyampaikan, agar masyarakat segera melengkapi vaksin setidaknya mulai H-2 Idul Adha.

“Masyarakat yang akan mengikuti Salat Ied berjamaah dapat melengkapi vaksinnya Jumat (ini), agar saat hari H semua yang hadir sudah melakukan vaksin booster bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan wajib sudah vaksin kedua bagi anak usia 6-17 tahun. Sedangkan anak di bawah 6 tahun tidak disarankan ikut hadir,” kata Widyastuti di Jakarta.

Masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk melakukan vaksin melalui aplikasi JAKI atau datang langsung ke lokasi sesuai jadwal. Jadwal dan lokasi vaksin booster di JIS sebagai berikut;



- Jumat, pukul 08.00-16.00, di Ramp Barat dekat Halte Transjakarta, sebanyak 1.000 dosis.

- Sabtu, pukul 08.00-16.00, di Ramp Barat dekat Halte Transjkarta, sebanyak 1.000 dosis.

- Minggu, pukul 05.00-12.00, di Ramp Barat dan Ramp Timur, sebanyak 2.000 dosis.

Widyastuti mengatakan, selain di JIS, masyarakat juga bisa melakukan vaksinasi di layanan vaksinasi terdekat, seperti di Puskemas, Rumah Sakit, Monumen Nasional, taman, dan lokasi sentra vaksinasi lainnya. Selain itu, diimbau bagi masyarakat yang akan melakukan Salat Ied di JIS agar dalam kondisi sehat, tidak bergejala sakit, dan tidak sedang menjalani isolasi mandiri, serta memakai masker medis selama berada di lokasi acara.

"Masyarakat juga disarankan untuk mengambil air wudu di rumah untuk mengurangi antrean, membawa peralatan salat sendiri, dan menyiapkan handphone untuk scan barcode melalui aplikasi PeduliLindungi di lokasi acara," ucapnya.

Lebih lanjut, untuk memastikan kebersihan lokasi, dukungan juga dilakukan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta yang akan mengerahkan petugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area JIS yang akan digunakan untuk melaksanakan Salat Ied berjamaah.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)