Profil Iptu Riska Habibah, Pilot Baharkam Polri yang Punya 1.000 Jam Terbang

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:00 WIB
loading...
Profil Iptu Riska Habibah, Pilot Baharkam Polri yang Punya 1.000 Jam Terbang
Iptu Riska Habibah. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Iptu Riska Habibah disebut-sebut sebagai salah satu srikandi Indonesia. Sebutan itu dirasa pas, karena wanita kelahiran Jakarta 2 April 1983 itu memang terlihat ‘gagah’ dengan seragam penerbang berwarna oranyenya.

Ia merupakan polwan yang mempunyai keahlian khusus menjadi pilot. Polwan cantik ini merupakan seorang anggota Bhayangkari Baharkam di Direktorat Kepolisian Udara Baharkam Polri Pondok Cabe, Tangerang.

Sehari-harinya, ia menjadi co-pilot Casa 212 200 Polri. Sudah sekitar 20 tahun Iptu Riska Habibah berkarier di Polri, namun ia masih terlihat gagah dan anggun ketika duduk di kokpit.

Bahkan, ia menerima kehormatan sebagai polwan pertama dari dua polwan lainnya yang menjadi penerbang di Direktorat Polisi Udara Korpolairud Baharkam Polri. Namun ketika mulai mengabdi di Polri, ia tidak langsung menjadi penerbang.

Setelah menyelesaikan pendidikan polwan, Iptu Riska Habibah terlebih dahulu ditempatkan sebagai polisi pariwisata Polwiltabes Bandung, Polda Jawa Barat.

Profil Iptu Riska Habibah, Pilot Baharkam Polri yang Punya 1.000 Jam Terbang


Semasa kecil, Iptu Riska Habibah merupakan seorang anak yang giat belajar dan pintar. Lahir dari keluarga sederhana, tidak menyurutkan kegigihannya untuk menuntut ilmu. Anak ketiga dari empat bersaudara ini selalu berprestasi dan langganan peringkat satu pada saat sekolah dasar.

Iptu Riska bercerita bahwa ia tidak punya banyak waktu karena harus membantu ibunya berjualan es dan pisang goreng. Ketika remaja seusianya lebih memilih bermain dengan teman sebaya, Iptu Riska Habibah tidak malu untuk membantu orangtuanya sembari belajar.

Ia juga tak segan kerap bertanya kepada teman yang punya kesempatan kursus atau bimbel di luar sekolah. Prestasi Iptu Riska Habibah bahkan juga ada di bidang non-akademik, seperti organisasi sekolah mulai dari OSIS, Pramuka, sampai Paskibraka.

Sifat gigih dan disiplin Iptu Riska Habibah rupanya muncul dari pembawaan ayahnya yang merupakan seorang tentara. Kemudian, sifat kerja keras dan selalu berusaha untuk membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga ia dapatkan dari ibunya.

Profil Iptu Riska Habibah, Pilot Baharkam Polri yang Punya 1.000 Jam Terbang

Foto: Istimewa

Polwan yang sudah mengantongi 1.000 jam terbang ini mengikuti pendidikan penerbang di STPI Curug, Tangerang untuk memulai karier pilotnya. Ia kemudian melanjutkan ke Sekolah Penerbang Polri Pondok Cabe.

Dalam menjalankan tugas menjadi pilot, Iptu Riska Habibah melakukan patroli udara, change crew atau pergantian personel di kewilayahan, membawa logistik untuk tugas kemanusiaan, hingga melakukan terjun payung.

Ia juga kerap membantu dan melakukan tugas kemanusiaan, misalnya membantu penanganan tragedi letusan Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur pada 2021 silam.

Iptu Riska Habibah menikah dengan Iptu Togu Banjarnahor. Keduanya merupakan polisi udara dan sama-sama bertugas di Direktorat Polisi Udara Korpolairud Baharkam Polri.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)