PT KAI abadikan nama kru KRL yang tabrak truk tangki

Rabu, 18 Desember 2013 - 10:15 WIB
PT KAI abadikan nama kru KRL yang tabrak truk tangki
PT KAI abadikan nama kru KRL yang tabrak truk tangki
A A A
Sindonews.com - Untuk mengenang keberanian para kru PT KAI yang menjadi korban tewas dalam tabrakan KRL jurusan Serpong-Tanah Abang dengan truk tangki di perlintasan Pondok Betung beberapa lalu, PT KAI akan mengabadikan nama mereka menjadi nama gedung.

PT KAI pantas memberikan mereka penghargaan karena ketiganya, yakni Darman Prasetyo masinis, Agus Suroto (asisten masinis), dan Sofyan Hadi (teknisi) dianggap memiliki sikap satria karena tidak meninggalkan tempat tugasnya kendati harus dijemput maut.

Menurut Humas PT KAI Daop I, Sukendar, penghargaan akan diberikan besok (Kamis, 19 Desember 2013) serentak di tiga lokasi sekaligus, yakni di Bekasi, Yogyakarta, dan Bandung.

"Nama mereka kami abadikan menjadi nama gedung balai pelatihan yang selama ini belum memiliki nama," ujar Sukendar ketika dihubungi Sindonews, Rabu (18/12/2013).

Ia menjelaskan, nama masinis Darman Prasetyo akan menjadi nama gedung di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian di Yogyakarta. Sedangkan nama Agus Suroto dibadikan untuk nama gedung di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian di Bandung.

Sedangkan nama Sofyan Hadi, dibadikan untuk nama gedung di Balai Pelatikan Perkeretaapian di Bekasi. "Selama ini gedung tersebut tidak memiliki nama, jadi mulai besok sudah ada namanya," terang Sukendar.

Sebelumnya, ketiga kru KA 1131 jurusan Serpong-Tanah Abang ini dinilai satria dan pantas mendapatkan penghargaan karena tidak meninggalkan kabin masinis kendati tahu bahwa mereka akan tewas dalam tabrakan maut tersebut.

Bahkan teknisi bernama Sofyan Hadi sempat keluar memberitahukan kepada penumpang di gerbong pertama agar pindah ke gerbong belakang karena sesaat lagi kereta akan tabrakan. Setelah memberitahu penumpang, Sofyan Hadi kembali ke kabin masinis bergabung bersama dua rekan lainnya tanpa rasa takut.

Dalam peristiwa tabrakan yang dikenal sebagai tragedi Bintaro II ini, tujuh orang tewas dan 86 penumpang mengalami luka-luka.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6505 seconds (0.1#10.140)