Guru honorer Depok cuma digaji Rp500 ribu per bulan

Minggu, 24 November 2013 - 20:36 WIB
Guru honorer Depok cuma digaji Rp500 ribu per bulan
Guru honorer Depok cuma digaji Rp500 ribu per bulan
A A A
Sindonews.com - Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Kota Depok Eman Hidayat mengungkapkan sejak beberapa tahun terakhir organisasinya intens dalam memperjuangkan nasib guru honorer. Pihaknya sudah berjuang dari mulai BKN hingga ke Kementerian PANRB.

"Hal itu berkaitan dengan nasib K1 yang ada persoalan admistrasi. Yang lalu memang hampir tidak ada kesempatan, akhirnya kami dan teman-teman honorer menjalin komunikasi dan koordinasi,” ujar Eman kepada wartawan di Depok, Minggu (24/11/2013).

Hasilnya, lanjutnya, kategori K1 bisa menjadi K2. Ujian K2 yang beberapa waktu lalu digelar bagi para guru honorer, diharapkan bisa memperoleh hasil yang optimal.

“Nah K2 beberapa minggu lalu telah diadakan tes, ini tentunya kembali lagi kepada masing-masing. Yang jelas kami dari organisasi sudah berusaha baik di level nasional maupun provinsi, agar guru honorer tetap menjadi perhatian,” paparnya.

Ia menambahkan, saat ini guru honorer yang telah diajukan bantuan ke Gubernur Jawa Barat mencapai 1.347. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, guru honorer yang telah menjadi PNS mencapai kurang lebih 4.500.

“Honor mereka itu relatif, rata-rata Rp500 ribu per bulan. Adapun honor guru disepakati antara pihak sekolah dan guru yang bersangkutan. Namun di level TK itu masih banyak yang di bawah Rp500 ribu per bulan,” jelasnya.

Meskipun kuota penerimaan K2 terbatas, namun Eman berharap guru honorer yang sudah menjadi kelompok ini harus tetap menjadi perhatian. “Itu yang menjadi komitmen kami juga, karena bagaimana pun mereka telah mengabdi untuk bangsa ini,” tegasnya.

Ketua PGRI Cabang Kecamatan Bojongsari, Depok, Marzuki Yatim mengungkapkan, bahwa dirinya telah berusaha semaksimal mungkin untuk memperjuangkan nasib guru honorer yang ada di wilayahnya.

“Kami telah berkoordinasi juga di tingkat kota dan provinsi. Bahkan Pak Gubernur menjanjikan akan memberikan uang transport kepada guru honorer, hal itu diungkapkannya pada saat konfrensi PGRI di Bandung beberapa waktu lalu,” tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6205 seconds (0.1#10.140)