6 Mahakarya Anies Selama Pimpin Jakarta, Nomor 1 dan 2 Fenomenal

Jum'at, 24 Juni 2022 - 17:05 WIB
loading...
6 Mahakarya Anies Selama Pimpin Jakarta, Nomor 1 dan 2 Fenomenal
Terdapat 6 mahakarya Anies Baswedan selama memimpin DKI Jakarta periode 2017-2022. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat 6 mahakarya Anies Baswedan selama memimpin DKI Jakarta periode 2017-2022. Persembahan fenomenal Gubernur DKI Jakarta itu di antaranya Jakarta International Stadium (JIS) dan ajang balap mobil listrik Formula E yang belum lama ini usai.

Torehan prestasi Anies selama 5 tahun yang akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang menandakan Anies bekerja dengan bukti atau hasil bukan janji. Selain mahakarya fisik, banyak juga penghargaan yang diraih secara pribadi maupun kelembagaan Pemprov DKI Jakarta.
Baca juga: Anies Dapat Penghargaan Terus, Netizen Sampai Bosen Dengernya

Berikut 6 mahakarya Anies Baswedan selama memimpin DKI Jakarta yang dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (24/6/2022):

1. JIS
Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion JIS berada di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. JIS dibangun setelah Anies melakukan kick off (tendangan perdana) sebagai penanda dimulainya pembangunan JIS pada 2019.

JIS dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi. Stadion ini mampu menampung sekitar 82.000 penonton, memiliki 3 tingkatan tribun. Selain itu, terdapat tribun VIP dan tribun untuk disabilitas. Stadion JIS dilengkapi 2 lapangan latihan yang memenuhi standar internasional.

Kawasan Stadion JIS dikembangkan mengedepankan kemudahan akses dengan moda transportasi umum seperti bus Transjakarta, MRT, KRL Commuter Line, maupun LRT. Mudahnya transportasi publik dan akses membuat JIS ikon baru stadion Indonesia khususnya di Jakarta yang akan diresmikan pembukaannya pada Juli 2022 mendatang.

Apalagi JIS tidak dibangun hanya untuk sepak bola saja melainkan multievent mulai dari kegiatan budaya, keagamaan, kegiatan sosial, komersial, kesenian, dan lain-lain.
6 Mahakarya Anies Selama Pimpin Jakarta, Nomor 1 dan 2 Fenomenal

Stadion JIS. Foto: Dok SINDOnews

2. Formula E/Sirkuit Formula E-Prix Ancol Jakarta
Sirkuit Formula E-Prix Ancol Jakarta dibangun hanya dalam hitungan bulan. Banyak yang mencibir Formula E, namun ujungnya setelah sukses lebih banyak lagi yang mengacungkan jempol untuk Anies dan panitia pelaksana.

Beda dengan Sirkuit F1 yang menekankan pada faktor performa, sirkuit Formula E turut mempertimbangkan faktor efisiensi dan keberlanjutan lingkungan. Sirkuit Formula E di Ancol memiliki total panjang lintasan 2,4 km dengan lebar sirkuit 12 meter. Dalam sirkuit ini terdapat 18 tikungan dan lintasan lurus sepanjang 600 meter.

Uniknya, sirkuit ini mempunyai bentuk lintasan seperti kuda lumping sebagai perwujudan warisan nasional. Arah lintasan juga mengikuti arah jarum jam (clock wise). Seluruh landasan sirkuit diaspal, bahkan dilengkapi aspal tambahan untuk menghindari mobil balap yang terkadang overshoot (melewati batas lintasan).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1376 seconds (10.55#12.26)