Puskesmas Expo 2022, DKI Ingin Layanan Kesehatan Berbasis Digital Merata di Indonesia

Kamis, 23 Juni 2022 - 23:34 WIB
loading...
Puskesmas Expo 2022, DKI Ingin Layanan Kesehatan Berbasis Digital Merata di Indonesia
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti menjelaskan Puskesmas Expo 2022 diharapkan menjadi ajang bertukar pengalaman antara puskesmas dan tenaga kesehatan se-Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta bekerja sama dengan Asosiasi Puskesmas Jakarta menghelat gelaran Puskesmas Expo 2022 di Hotel Bidakara Grand Pancoran secara hybrid. Acara yang dihadiri tenaga kesehatan se-Indonesia tersebut ditujukan untuk percepatan pembangunan layanan kesehatan di Nusantara berbasis preventif.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti menjelaskan Puskesmas Expo 2022 tersebut diharapkan menjadi ajang bertukar pengalaman antara puskesmas dan tenaga kesehatan se-Indonesia. Hal ini, menurut Widyastuti, juga sebagai langkah transformasi layanan kesehatan yang terintegrasi dengan ekosistem digital.

"Puskesmas diharapkan dapat melakukan penguatan sistem kesehatan dengan transformasi layanan primer yang berorientasi terhadap upaya preventif dan promotif yang komprehensif," ujar Widyastuti, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Waspada! Kasus Covid-19 di Jakarta Tembus 5.000 Orang

Selain itu, lanjut Widyastuti, gelaran acara pertemuan Puskesmas se-Indonesia tersebut diadakan sebagai rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 sekaligus mendukung perhelatan Urban Health 20. Untuk itu, Widyastuti menekankan pentingnya peran puskesmas yang beradaptasi dengan kemajuan teknologi di masa kekinian.

"Puskesmas harus mampu menjamin ketersediaan dan pemerataan jumlah, jenis dan kapasitas SDM Kesehatan serta mampu melakukan layanan kesehatan primer terintegrasi melalui pengembangan ekosistem digital healthcare,” tambah Widyastuti.

Baca juga: Periode April-Juni 2022, Sudinkes Jakbar Catat 562 Kasus DBD

Ketua Asosiasi Puskesmas Jakarta Dicky Alsadik menegaskan Puskesmas Expo 2022 kali ini mengusung tema ‘Menyongsong Transformasi Layanan Kesehatan Primer yang Berketahanan dengan Penguatan Pemberdayaan Masyarakat’.

Dicky mengungkapkan kegiatan Puskesmas Expo tersebut bertujuan transformasi layanan kesehatan primer dalam penguatan kesehatan masyarakat, transformasi digital, menampilkan keunggulan, prestasi dan inovasi Puskesmas, serta pemaparan para pakar serta tokoh kesehatan yang akan dikolaborasikan dengan public figure ataupun influencer yang mempunyai kepedulian pada dunia kesehatan.

“Puskesmas Expo 2022 diikuti oleh berbagai perhimpunan maupun individu, seperti puskesmas dan dinas kesehatan se-Indonesia, organisasi fasilitas pelayanan kesehatan, organisasi profesi kesehatan, asosiasi institusi pendidikan ilmu kesehatan dan organisasi mahasiswa kedokteran/kesehatan, institusi pendidikan ilmu kesehatan, serta mahasiswa kedokteran dan kesehatan. Peserta yang hadir berasal dari berbagai wilayah Indonesia, di antaranya Papua Barat, Kalimantan, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Riau, Jambi, dan Lampung,” kata Dicky.

Untuk diketahui, Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan APJ selaku penggagas kegiatan Puskesmas Expo 2022 tersebut. APJ adalah asosiasi dari 44 Puskesmas Kecamatan dan 290 Puskesmas Kelurahan di wilayah DKI Jakarta yang ingin berkontribusi mewujudkan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan bermutu bagi warga DKI Jakarta.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2008 seconds (11.97#12.26)