Penggunaan Jadi Jakarta Hajatan, Anies: Penghormatan untuk Budaya Betawi

Rabu, 22 Juni 2022 - 12:01 WIB
loading...
Penggunaan Jadi Jakarta Hajatan, Anies: Penghormatan untuk Budaya Betawi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, peringatan HUT ke-495 DKI Jakarta Tahun 2022 mengangkat tema Jakarta Hajatan sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya Betawi . Hal itu disampaikan usai Upacara HUT ke-495 Jakarta di Alun-alun Lapangan Upacara Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (22/6/2022).

"Kita berharap peringatan HUT DKI ini bisa menjadi warna baru dan babak baru dan khusus tahun ini kita gunakan istilahnya Jakarta Hajatan mencerminkan semangat perayaan yang berdasarkan akar budaya Betawi," ujar Anies.

Ia mengungkapkan, peran DKI Jakarta sebagai kota global yang memiliki kepedulian tinggi terhadap perubahan iklim dunia adalah keterlibatan dalam C40.

"Di mana hajatan sebagai sebuah terminologi sebagai sebuah kebiasaan masyarakat Jakarta, inti dari masyarakat Jakarta adalah masyarakat Betawi, kita rayakan peringatan HUT DKI Jakarta tahun ini dengan Jakarta Hajatan," terang Anies.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan HUT ke-495 DKI Jakarta yang dilaksanakan di Monumen Nasional (Monas) pada Rabu (22/6/2022) berlangsung meriah dan khidmat.

Sebelum pelaksanaan upacara, dilaksanakan defile dari Abang None dan ASN di lingkungan DKI Jakarta berbusana khas Betawi. Selain itu jajaran SKPD di lingkungan Pemprov DKI bersama TNI dan Polri juga melakukan defile.

Setelahnya dilaksanakan pembacaan sejarah kota Jakarta sejak bernama Batavia, berbagai nama Gubernur DKI Jakarta dari awal hingga saat ini.

Yang menarik adalah pembacaan sejarah seni pasir oleh Vina Candrawati yang menunjukkan keragaman dan pembangunan kemajuan kota DKI Jakarta melalui video yang ditampilkan di layar dekat panggung utama.



Beberapa yang ditampilkan dalam seni pasir tersebut adalah pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), LRT Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Masjid Luar Batang, Gereja Immanuel Jakarta, hingga yang terbaru sirkuit Formula E Ancol.

Beberapa prestasi yang disebutkan adalah prestasi kota Jakarta sebagai kota mendapatkan lima kali WTP berturut-turut, kota Jakarta sebagai kota ramah sepeda, kota Jakarta sebagai kota sastra dunia oleh UNESCO.

Total ada sebanyak 98 abang none yang berpakaian khas Betawi beserta total ratusan pasukan oranye, pasukan biru, pasukan kuning, pasukan hijau, Satpol PP, Dishub, Damkar, ASN DKI, dan TNI Polri mengikuti upacara HUT DKI Jakarta ke-495 pada Rabu (22/6/2022) pagi.

Mereka melaksanakan defile dengan masing-masing orang mengibarkan bendera kecil HUT DKI Jakarta ke-495 saat melintas di depan tenda VVIP tempat Gubernur dan Wagub beserta pejabat penting di lingkungan DKI mengikuti upacara.

Lokasi upacara dilaksanakan di sisi selatan alun-alun Lapangan Upacara Monumen Nasional (Monas) yang ada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022) pagi.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)