Sambut New Normal, Lapas dan Rutan Bakal Terima Tahanan Kembali

Rabu, 24 Juni 2020 - 21:27 WIB
loading...
Sambut New Normal, Lapas dan Rutan Bakal Terima Tahanan Kembali
Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Reinhard Silitonga bersama Kalapas Klas IIA Cipinang, Oga Darmawan mengecek kesiapan new normal di Lapas Cipinang, Jaktim. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menjelang new normal sejumlah persiapan dilakukan lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan). Bahkan, dalam waktu dekat Lapas dan Rutan bakal menerima kembali tahanan yang sudah inkrah maupun tahanan titipan Kejaksaan.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Reinhard Silitonga mengatakan, menjelang pelaksanaan new normal, pihaknya terus melakukan persiapan. Dimana ditahap awal, pengecekan lapas dan rutan kembali dilakukan setelah vacum hampir tiga bulan ini. "Makanya hari ini kami cek bagaimana kesiapan itu menjelang new normal," katanya, Rabu (24/6/2020).

Dikatakan Reinhard, pihak juga sudah memberikan surat edaran kepada kalapas dan karutan untuk persiapan penerimaan. Dimana mereka harus sudah siap untuk menerima tahanan yang sudah inkrah dan juga tahanan yang masuk dalam register A3 atau yang dipindah menjadi narapidana.

"Oleh karena itu nanti kita akan ikuti perkembangan berikutnya kita evaluasi tentang penerimaan tahanan dari register A3," ujarnya. ( )Dalam persiapan itu, Reinhard mengapresiasi lapas narkotika klas IIA Cipinang yang sudah mempersiapkan segala hal. Dan atas itu, ia meminta ke lapas maupun rutan lain di Indonesia mencontoh apa yang dilakukan. "Lapas narkotika Cipinang sudah sangat baik, ini harus menjadi contoh untuk lapas yang lain diseluruh Indonesia," tegasnya.Menurut Reinhard, persiapan yang dilakukan lapas klas IIA sudah sangat layak menjelang new normal yang sebentar lagi akan berlangsung. Hal itu terlihat setelah dirinya melakukan pengecekan ke beberapa lokasi yang ada di lapas. "Ini adalah hal yang baik yang dilakukan oleh kalapas dalam rangka persiapan new normal yang kita hadapi ini," terangnya.Sementara itu, Kalapas Klas IIA Cipinang, Oga Darmawan mengatakan, untuk mendukung new normal itu pihaknya sudah menyiapkan aplikasi khusus untuk keluarga tahanan. Dengan menyiapkan aplikasi "Lapas Narkotika Cipinang", diharapkan bisa mempermudah warga binaan. "Layanan ini untuk memudahkan keluarga warga binaan pemasyarakatan," ujarnya.Ditambahkan Oga, nantinya keluarga bisa mendaftar untuk berkunjung ke lapas cukup dari rumah. Dimana nantinya, keluarga dengan mudahnya menjadwalkan diri untuk menengok kerabatannya yang sedang menjalani masa hukuman. "Jadi tak perlu repot-repot lagi datang dan mengantri, cukup download aplikasi, dan tinggal tentukan kapan akan membesuk keluarga," tuturnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)