Beraksi Setahun, Otak Pelaku Curanmor di Kalideres Ditangkap Beserta 12 Motor

Senin, 20 Juni 2022 - 20:10 WIB
loading...
Beraksi Setahun, Otak Pelaku Curanmor di Kalideres Ditangkap Beserta 12 Motor
Polisi menyita 12 motor yang ditemukan dari lokasi pelaku ditangkap di Tangerang. Foto: MNC Portal Indonesia/Dimas Choirul
A A A
JAKARTA - Unit Reskrim Polsek Kalideres Jakarta Barat mengamankan satu orang pelaku penadah barang curian berinisial ZI (28). ZI ditangkap polisi di Tangerang berikut 12 unit sepeda motor hasil kejahatan.

"Kami amankan satu orang pelaku berinisial ZI (28) berikut barang bukti sepeda motor hasil curian. Di mana ini merupakan hasil rangkaian ungkap kasus sebelumnya," ujar Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar saat konferensi pers, Senin (20/6/2022).

Syafri mengatakan, penangkapan ini merupakan pengembangan kasus curanmor beberapa waktu lalu. Di mana saat itu ZI merupakan seorang dengan status Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh polisi.

"Saat ini yang menjadi DPO sudah berhasil kami amankan jadi total keseluruhan terdapat enam pelaku yang berhasil diungkap," ujarnya.

Syafri menjelaskan, ZI merupakan otak yang membiayai para pelaku untuk melancarkan aksinya mencuri sepeda motor. Hasil pencurian motor tersebut dijual ke daerah Sumatera dengan harga sesuai jenisnya.

"Pelaku ini telah menjalani bisnis haramnya sudah berjalan hampir satu tahun dan sudah menjual motor hasil curian sebanyak 68 unit sepeda motor," ungkapnya.



Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku disangkakan dengan pasal 480 Kitab Undang-undang Hukum Pidana dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, polisi berhasil mengamankan lima orang pelaku yang terlibat dalam penipuan sepeda motor dengan sasaran anak di bawah umur. Pelaku berinisial ER dan DS, berperan sebagai eksekutor. Selanjutnya, tiga orang pelaku lain STR, PF dan MR, berperan sebagai penadah.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku memberhentikan korban dan berpura-pura menuduh korban telah bertengkar dengan adik perempuan pelaku. Kemudian supaya korban percaya salah satu pelaku mengajak korban untuk bertemu dengan adik perempuan pelaku.

"Setelah korban berhasil diperdayai oleh pelaku selanjutnya kedua pelaku kabur membawa sepeda motor korban," tutur Syafri.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)