CFD di Sudirman-Thamrin, Menlu Retno: Saya Ingin Perempuan Indonesia Bangga Berkebaya

Minggu, 19 Juni 2022 - 10:51 WIB
loading...
CFD di Sudirman-Thamrin, Menlu Retno: Saya Ingin Perempuan Indonesia Bangga Berkebaya
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi. Foto/MPI/Rizky Syahrial
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengatakan, perempuan Indonesia harus bangga memakai Kebaya dalam semua event acara. Kegiatan berkebaya di CFD Sudirman-Thamrin merupakan rangkaian Jakarta Hajatan ke-495.

”Kebaya tidak harus digunakan pada event formal tetapi dengan perkembangan zaman kebaya dapat dipakai dalam semua event,” ujar Retno saat menghadiri Jalan Santai Berkebaya dalam CFD di Gedung Kemendikbud, Jakarta Pusat, Minggu (19/6/2022).

Retno juga mendukung acara jalan pagi sehat berkebaya ini, tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan saat acara berlangsung. Mengingat Covid-19 di Indonesia belum mereda. ”Jalan paginya kita bareng tentunya dengan menjaga protokol kesehatan,” tambahnya.



Dalam event ini, menurutnya tujuan dari jalan pagi menggunakan kebaya ini untuk mempopulerkan baju adat khas Indonesia. Selain itu, Kebaya saat ini sedang diajukan ke UNESCO untuk diakui sebagai Kebudayaan Indonesia.

”Jadi ini event khusus karena kita ingin populerkan kebaya. Kedua, sekarang kebaya dalam proses untuk diajukan kepada UNESCO. Jadi kita ikut ambil acara pagi olahraga berkebaya," ujarnya. Baca juga: Emak-emak Berkebaya Ramaikan CFD Sudirman-Thamrin

Sebelumnya, Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) dan Pertiwi Indonesia mengadakan acara Jalan Santai Berkebaya, yang dilaksanakan pada saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Sudirman-HI, Jakarta Minggu (19/6/2022).

Ibu-ibu terlihat antusias mengadakan jalan pagi dengan menggunakan baju kebaya. Tidak hanya ibu-ibu, terlihat juga anak muda yang mengikuti acara ini dengan ikut menari melestarikan pakaian khas Indonesia ini.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2310 seconds (11.252#12.26)