Usai Pandemi, Sejumlah Fasilitas Apartemen Kembali Buka

Minggu, 19 Juni 2022 - 03:10 WIB
loading...
Usai Pandemi, Sejumlah Fasilitas Apartemen Kembali Buka
Sejumlah fasilitas apartemen di Jakarta kini bisa dinikmati menyusul PPKM level 1 yang diterapkan di Jakarta sejak 7 Juni hingga 14 Juli 2022. Foto/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Sejumlah fasilitas apartemen di Jakarta kini bisa dinikmati menyusul PPKM level 1 yang diterapkan di Jakarta sejak 7 Juni hingga 14 Juli 2022. Masyarakat pun kini bisa berolahraga dan beraktivitas di lingkungan apartemennya masing masing.

Seperti di Kalibata City, apartemen kelolaan Inner City Management (ICM) kini telah mengizinkan adanya aktivitas di beberapa fasilitas. Penerapan ini mengacu Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2022 tentang PPKM Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Berkaca dari dua aturan itu, Direktur Operasional ICM Krisdiarto Adipranoto menjelaskan bila situasi pandemi Covid-19 telah membaik, masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. “Kami mendukung agar penghuni dapat kembali produktif dan melakukan berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan,” kata Krisdiarto dalam keterangannya, Sabtu (18/6/2022).





Tentunya semua kegiatan di sana mengedepankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah agar tercegah dari penyebaran virus dan semua merasa aman juga nyaman saat beraktivitas. Dalam aturan Mendagri itu, dijelaskan bila pemerintah mengizinkan kapasitas publik menjadi 100% asal mematuhi protokol kesehatan, telah menjalani vaksinasi minimal dosis pertama bagi anak usia 6-12 tahun, dan menggunakan masker saat berada di area padat dan tertutup.

Di sisi lain, Krisdiarto melihat aktivitas akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada penghuni. Salah satunya dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan pemeliharaan fasilitas penunjang aktivitas penghuni, sehingga tercipta lingkungan apartemen yang sehat, aman, dan nyaman.

Saat ini, ICM mengelola sekitar 40 site apartemen atau residensial di DKI Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia. Beragam kegiatan komunitas penghuni yang ada di apartemen juga kembali diaktifkan setelah sempat tertunda selama masa pandemi.

Bersamaan, General Manager Apartemen Kalibata City Martiza Melati mengatakan, kegiatan senam Zumba yang dilakukan pihaknya pagi tadi menjadi kegiatan rutin mingguan yang kembali dilaksanakan pada awal Juni lalu. Hal itu sebagai sarana bersosialisasi para penghuni dan menjadi salah satu upaya agar tubuh tetap sehat di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini adalah program yang sudah diinisiasi dan berjalan sejak lama untuk memfasilitasi para penghuni yang tergabung dalam komunitas senam. Dengan situasi pandemi yang lebih terkendali, upaya pengelola untuk kembali menggiatkan senam ternyata mendapatkan antusias yang cukup tinggi,” kata Martiza.

Martiza mengungkapkan bahwa apartemen merupakan hunian yang kompleks. Dengan adanya kegiatan komunitas, maka diharapkan dapat menumbuhkan kehidupan sosial dan hubungan yang baik antar warga maupun dengan pengelola. Sehingga dapat mewujudkan apartemen sebagai lingkungan yang harmonis.

Diana (58), penghuni Tower Raffles yang menjadi koordinator senam Zumba Apartemen Kalibata City, mengapresiasi upaya pengelola yang memiliki perhatian serius untuk memajukan komunitas-komunitas di apartemen, terutama bagi para penghuni wanita, dengan memfungsikan peran wanita sesuai bakat dan kemampuan.

“Kita merasa sudah terfasilitasi dengan sangat baik, karena selama dua tahun pandemi belakangan ini kita memang terbatas untuk melakukan kegiatan berolahraga. Kegiatan-kegiatan seperti ini menjadi ajang silaturahmi yang diharapkan dapat mengikis sikap individualis dan membangun suatu kenyamanan dan kerukunan warga yang tinggal di Kalibata City,” ujar Diana.

Selain kegiatan senam, Apartemen Kalibata City turut membuka fasilitas lain seperti lapangan bola basket, tenis, bola voli, ping-pong, dan kolam renang dengan protokol kesehatan dan kapasitas sesuai level PPKM. Adapun pengelola juga baru saja meresmikan fasilitas outdoor gym sebagai resolusi di masa pandemi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)