Gandeng ACT, Pemkot Jaktim Luncurkan Gerakan Generasi Bebas Stunting

Kamis, 16 Juni 2022 - 02:01 WIB
loading...
A A A
Dalam mengatasi stunting, perlu upaya yang menyeluruh dan berkesinambungan, dari hulu hingga ke hilir. Sehingga hasilnya maksimal dan stunting dapat diatasi hingga ke akar permasalahannya.

Langkah pertama adalah memberikan edukasi kepada perempuan, calon ibu, ibu hamil, dan anak-anak akan pentingnya asupan gizi seimbang. Ibu dan ibu hamil memiliki peran yang strategis dalam mengatasi stunting dan mewujudkan anak-anak bebas stunting.

Langkah selanjutnya adalah melakukan penyaringan status gizi anak. Dari hasil penyaringan gizi, akan diketahui anak dengan stunting, gizi seimbang, buruk, normal, atau berlebih. Nantinya, tim HMS-ACT akan melakukan tindakan pendampingan dan pemantauan status gizi anak yang stunting secara berkala.

"Jadi, setiap dua pekan atau sepekan sekali akan kita berikan bahan pangan, makanan gizi seimbang, edukasi, serta monitoring gizi seperti penimbangan berat badan, dan pengukuran tinggi badan. Ini jangka panjang, minimal tiga bulan," jelas Dokter Arini.

Selain pendampingan status gizi anak, HMS-ACT juga melakukan pendampingan yang bersifat pemberdayaan ekonomi kepada orang tua. Jika ekonomi orang tua terpenuhi, akses anak mendapat asupan gizi seimbang diharapkan lebih mudah.
(mhd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)