Perbanyak Lokasi Uji Emisi, Pemprov DKI Gandeng 250 Bengkel

Selasa, 14 Juni 2022 - 15:05 WIB
loading...
Perbanyak Lokasi Uji Emisi, Pemprov DKI Gandeng 250 Bengkel
Pemprov DKI gandeng 250 bengkel untuk uji emisi. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyebutkan telah menggandeng ratusan bengkel dan APM guna menyediakan tempat uji emisi bagi kendaraan bermotor yang ada di kawasan Jakarta ini. Saat ini, pemerintah setempat mewajibkan kendaraan untuk melakukan uji emisi.

”Di beberapa titik untuk lokasi ada 250 titik yang sudah ada kerja sama uji emisi secara mandiri. Bengkel resmi dan ada yang mandiri yang memang dapat uji emisi yang dapat izin dari PTSP,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Selasa (14/6/2022).

Menurutnya, ratusan penyelenggara uji emisi itu bakal melakukan pelayanan uji emisi pada kendaraan roda empat dan ada pula yang untuk roda dua. Bengkel milik APM saat ini sendiri sudah terotomatis bisa melakukak uji emisi, yang mana itu gratis.

”Saya berharap juga bengkel yang kiranya service rutin kendaraan bermotor itu menerapkan ini sehingga lebih masif jumlah lokasi uji emisi di DKI, tentu selain dengan uji emisi mandiri yang digalakkan Pemprov DKI untuk menambah tiitk lokasi uji emisi,” tuturnya.



Dia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta sendiri sejak awal tahun 2022 ini sudah melakukan upaya uji emisi secara masif meski kebijakan tersebut terintegrasi dengan kebijakan pusat.

Adapun dalam regulasi baru, pengujian emisi dilakukan saat pengendara melakukan perpanjangan STNK, yang berlaku tahun depan, dan Pemprov DKI pun akan menyesuaikannya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)