Profil Kopda Eka Kurniyawan, Wasit Sepak Bola Berprestasi yang Viral di Media Sosial

Senin, 13 Juni 2022 - 05:38 WIB
loading...
Profil Kopda Eka Kurniyawan, Wasit Sepak Bola Berprestasi yang Viral di Media Sosial
Kopda Eka Kurniyawan menjadi perhatian publik setelah video pemukulan wasit sepak bola pada pertandingan antar kampung di Tangerang, viral di media sosial. Foto: Foto: Dok Dispenad
A A A
JAKARTA - Kopda Eka Kurniyawan menjadi perhatian publik setelah video pemukulan wasit sepak bola pada pertandingan antar kampung (tarkam) di Tangerang, viral di media sosial. Kopda Eka merupakan prajurit TNI AD yang memiliki prestasi.

Kopda Eka termasuk sebagai salah satu di antara wasit nasional berstatus sebagai prajurit aktif. Ia sudah banyak memimpin pertandingan wilayah Jabodetabek dan Banten. Kopda Eka memang hobi sepak bola.



“Sejak kecil saya memang suka sekali sepak bola. Di Batalyon saya tergabung dalam tim sepak bola Rajawali dan beberapa kali mengikuti pertandingan antarsatuan,” ujar Kopda Eka Kurniyawan menceritakan awal mula dirinya menekuni olahraga sepak bola, dikutip dari laman resmi TNI AD, Senin (13/6/2022).

Kopda Eka Kurniyawan merupakan anggota TNI dari Yonarhanudri-1/Kostrad. Kopda Eka mencoba mengikuti seleksi wasit dan dinyatakan lulus untuk mengikuti pelatihan wasit tingkat daerah serta mendapatkan sertifikat wasit C-3 pada tahun 2018 di Kota Bekasi.

Kemudian pada tahun 2020 dilanjutkan Kembali menempuh Lisensi C-2 Wasit Sepak bola di Jakarta dan pada tahun 2021 menempuh Lisensi C-1 Nasional di Palembang.

Baca juga: Turnamen Sepak Bola Amatir, Oknum Anggota DPRD Kota Tangsel Tinju Wasit

Dengan sertifikat wasit tersebut Kopda Eka beberapa kali memimpin pertandingan sepak bola tingkat daerah (dikenal dengan istilah Tarkam/antar kampung) dan pertandingan sepak bola junior.

Kopda Eka sering diminta menjadi wasit di sejumlah pertandingan yang digelar di Jabodetabek dan pertandingan yang digelar oleh PSSI Banten. Pada musim kompetisi 2021/2022 Kopda Eka Kurniyawan berhasil lulus overtest untuk dapat bertugas di kompetisi Liga 3 Asprov Banten dan berlanjut ke Liga 3 tingkat Nasional.

Pada saat Piala Soeratin U-13 pada musim 2022 Kopda Eka Kurniyawan mendapat kepercayaan tugas untuk memimpin pertandingan sampai partai Final. “Beberapa kali saya diminta menjadi wasit pertandingan di luar daerah, namun saya tolak karena bertepatan dengan tugas-tugas saya di Batalyon," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2193 seconds (0.1#10.140)