Wasit Sepak Bola Tarkam yang Dipukul Pemain di Tangerang Ternyata Prajurit Kostrad Berprestasi

Minggu, 12 Juni 2022 - 22:43 WIB
loading...
Wasit Sepak Bola Tarkam yang Dipukul Pemain di Tangerang Ternyata Prajurit Kostrad Berprestasi
Wasit sepak bola yang dipukul oleh pemain yang merupakan oknum anggota DPRD di Tangerang Selatan, ternyata prajurit TNI AD berprestasi yang rendah hati. Foto: Tangkapan Layar Video
A A A
JAKARTA - Wasit sepak bola pada pertandingan antar kampung (tarkam) yang dipukul oleh pemain yang merupakan oknum anggota DPRD Tangerang Selatan, ternyata prajurit TNI AD berprestasi yang rendah hati. Kejadian ini berlangsung Jumat (10/6/2022) dan viral di media sosial.

Kejadian tersebut telah diselesaikan secara damai setelah pelaku meminta maaf dan sang wasit memaafkannya. Namun, belakangan terkuak bahwa sang wasit yang rendah hati dan pemaaf tersebut merupakan anggota TNI dari Yonarhanudri-1/Kostrad, yaitu Kopda Eka Kurniyawan.

Baca juga: Turnamen Sepak Bola Amatir, Oknum Anggota DPRD Kota Tangsel Tinju Wasit

Terkait insiden pemukulan oleh pemain saat dirinya menjadi wasit yang menyita perhatian publik, Eka dengan rendah hati mengatakan masalah insiden itu sudah diselesaikan secara damai dibantu oleh satuan dan pihak-pihak yang berwenang.

”Saya juga menyadari bahwa kejadian seperti itu sudah menjadi tantangan tugas saya sebagai wasit. Saya sendiri berusaha selalu profesional di lapangan, tidak pernah saya tunjukkan bahwa saya ini seorang tentara,“ ujar Kopda Eka Kurniyawan menceritakan awal mula dirinya menekuni olahraga sepakbola, dikutip dari laman resmi TNI AD, Sabtu (12/6/2022).

Wasit Sepak Bola Tarkam yang Dipukul Pemain di Tangerang Ternyata Prajurit Kostrad Berprestasi

Kopda Eka Kurniyawan. Foto: Dok TNI AD

Kopda Eka memiliki prestasi sebagai salah satu di antara wasit nasional berstatus sebagai prajurit TNI aktif. Kopda Eka sering diminta menjadi wasit di sejumlah pertandingan yang digelar di Jabodetabek dan pertandingan yang digelar oleh PSSI Banten.

Kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada Kopda Eka, dan kerendahan hati serta kelapangan dadanya untuk memberikan maaf kepada pemain yang memukulnya, adalah implementasi sikap prajurit sejati.

Ia mengamalkan Delapan Wajib TNI dan melaksanakan Tujuh Perintah Harian Kasad, yaitu melakukan tindakan yang dapat menumbuhkan kecintaan rakyat kepada TNI AD.

Diketahui, turnamen sepak bola amatir bertajuk Pakujaya Cup 7 di Stadion Mini Pakujaya, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (10/6/2022), diwarnai insiden pemukulan pemain terhadap wasit.

Pemain tersebut diketahui berstatus sebagai anggota DPRD Kota Tangsel berinisial EM. Dalam pertandingan yang berlangsung Jumat sore, salah satu pemain tak mampu mengontrol emosi lalu menendang serta meninju wasit.

Detik-detik video kejadian itu tersebar luas di tengah masyarakat. Dari cuplikan video terlihat, wasit sempat meniup peluit dan mengeluarkan kartu merah kepada seorang EM.

Tak terima mendapatkan kartu merah, EM yang juga anggota DPRD Kota Tangsel itu menghampiri wasit dan memukulnya. Melihat kejadian itu, beberapa pemain sempat berusaha melerai.

Begitu pun dengan panitia dan petugas keamanan dari TNI yang langsung masuk ke lapangan guna membawa EM ke luar lapangan. Salah satu anggota TNI yang kesal dengan sempat mendorong EM.

Sorakan dari bangku penonton pun terdengar kencang menimpali kejadian itu. Bahkan panitia ikut mencibir kelakuan anggota Dewan tersebut melalui pengeras suara.

"Anggota Dewan sebagai contoh. Ini sepakbola, jaga sportivitas. Sudah, sudah, sudah, pindahin saja dulu. Jadi contoh sekali!," seru seorang panitia.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1818 seconds (11.252#12.26)