Pemkot Tangerang Temukan 13 Sapi Kurban Positif PMK

Jum'at, 10 Juni 2022 - 08:51 WIB
loading...
Pemkot Tangerang Temukan 13 Sapi Kurban Positif PMK
Pemkot Tangerang melaporkan 13 hewan sapi positif penyakit kuku dan mulut (PMK) di kawasan Cipondoh, Kota Tangerang. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
TANGERANG - Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang melaporkan sebanyak 13 hewan sapi positif penyakit kuku dan mulut (PMK) ditemukan di kawasan Cipondoh, Kota Tangerang.Saat ini, hewan tersebut langsung dilakukan isolasi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abdul Surahman menuturkan bahwa langkah ini dilakukan setelah mendapat peringatan dari Kementerian Pertanian.Pihaknya mengambil sampel ke-13 sapi yang merupakan hewan ternak tersebut.

Lalu dikirimkan ke Kabupaten Subang untuk diperiksa lebih lanjut. ”Setelah dua hari kemudian muncul dari mereka positif 13 sapi itu terkena PMK. Sejak saat itu kita kemudian gencar menemui peternak untuk melakukan isolasi dan pembatasan,” kata Abdul, Jumat (10/6/2022). Baca juga: HKTI Sarankan Pemusnahan Hewan Ternak Terjangkit Wabah PMK

Dijelaskan Abdul bahwa hewan yang terjangkit PMK tersebut sekitar bulan Mei lalu.Namun, dia mengatakan lebih dulu meminta peternak untuk melakukan penanganan untuk mengisolasi dan pemberian vitamin serta obat-obatan.



Kendati demikian, dari ke-13 sapi tersebut, satu sapi dikabarkan sudah sembuh dan masih dalam proses perawatan.Selanjutnya Abdul mengungkapkan saat ini sudah mendapatkan laporan temuan terbaru. Namun hasilnya sedang dalam penelitian.

”Ada laporan dari Karang Tengah, Cipondoh dan Pinang kemudian kita survei ke tempat tersebut, sekarang hasilnyasedang diteliti. Untuk itu, pengawasan hewan menjelang Idul Adha terus kita gencarkan,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)