Viral! WNA China Mudik Pakai APD di Bandara Soetta, Ini Penjelasan Imigrasi

Selasa, 07 Juni 2022 - 11:11 WIB
loading...
Viral! WNA China Mudik Pakai APD di Bandara Soetta, Ini Penjelasan Imigrasi
WNA China mudik ke negara asalnya memakai Alat Pelindung Diri (APD) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (5/6/2022). Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Viral di dunia maya ratusan WNA China mudik ke negara asalnya memakai Alat Pelindung Diri (APD) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta , Tangerang. Pemandangan ini menyedot perhatian warganet.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto membenarkan rombongan WNA China pulang ke negaranya pada Minggu, 5 Juni 2022 lalu. Sebanyak 191 WNA China mudik menggunakan pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF8008 rute Jakarta-Fuzhou.
Baca juga: Heboh! 191 WNA China Pakai Seragam Nyentrik di Bandara Soetta

“Mereka datang dan tinggal di Indonesia dengan menggunakan izin tinggal yang sah, ada yang menggunakan visa kunjungan dan ada yang menggunakan VITAS," ujar Tito, Senin (6/6/2022).

Terkait seragam APD yang digunakan, hal tersebut merupakan bagian dari regulasi negara RRC di mana tingkat penyebaran kasus Covid-19 masih cukup tinggi sehingga warga yang pulang dari luar negeri harus mematuhi protokol kesehatan semaksimal mungkin.

“Sudah menjadi kebiasaan ketika warga China pulang ke negaranya, maka mereka cenderung menggunakan APD lengkap. Ini bukanlah hal yang baru, dari awal pandemi terjadi warga China sudah melakukan hal sama,” katanya.
Baca juga: Penggerebekan Pinjol Ilegal, WNA China Berperan sebagai Manajer

Selain menggunakan izin masuk yang sah, Tito juga memastikan proses pemeriksaan kepulangan ratusan WNA China telah sesuai SOP pemeriksaan yang ada. Semua WNA telah melewati pemeriksaan di Konter Pemeriksaan Imigrasi.

“Menjaga pintu gerbang negara Indonesia merupakan amanah yang selalu kami pegang dalam menjalankan tugas di tempat pemeriksaan imigrasi," ucapnya.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1589 seconds (10.101#12.26)