Musim Kemarau, Ini 5 Wilayah di Bekasi Rawan Kekeringan

Rabu, 01 Juni 2022 - 06:29 WIB
loading...
Musim Kemarau, Ini 5 Wilayah di Bekasi Rawan Kekeringan
Jelang musim kemarau, Pemkab Bekasi mulai mengantasipasi datangnya kekeringan di wilayahnya. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Bekasi memetakan wilayah kategori rawan kekeringan saat musim kemarau tiba. Setidaknya ada lima wilayah yang rutin kekeringan setiap tahunnya.

Lima wilayah itu di Kecamatan Bojongmangu, Serangbaru, Cibarusah, Cikarang Pusat dan Cikarang Timur. Dari lima kecamatan itu, dua di antaranya tergolong paling rawan terjadi bencana kekeringan. Yakni Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu.

”Dua wilayah itu rawan, untuk antisipasi kekeringan, kita siapkan mobil tangki untuk kirim air,” ujar Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Rabu (1/6/2022).

Menurut dia, saat musim kemarau biasanya ada dua masalah yang dihadapi warga. ”Ada dua biasanya yang dihadapi Kabupaten Bekasi, pertama kekurangan air bersih dan keduanya masalah air pertanian untuk persawahan,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi kekeringan, lanjut dia, pihaknya menggandeng PDAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga. Sedangkan kebutuhan air untuk pertanian, akan diantisipasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi.



”BPBD punya mobil tangki, kita bisa suplai ke desa yang membutuhkan. Sementara untuk air pertanian tentunya dengan Dinas Pertanian kita siapkan,” ucapnya.

Dani meminta personel BPBD Kabupaten Bekasi rutin melakukan antisipasi bencana untuk mengurangi risiko dan dampaknya. Termasuk antisipasi bencana banjir.

Karena meski sudah melewati puncak musim hujan, namun hasil pantauan BMKG hujan dengan intensitas tinggi masih kemungkinan akan terjadi. ”Hanya ada waktu-waktu tertentu bisa hujan tinggi. Itu yang harus diwaspadai karena bisa berdampak banjir,” tuturnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)