Idul Adha Sebulan Lagi, Bekasi Masih Kekurangan Hewan Kurban

Rabu, 01 Juni 2022 - 00:34 WIB
loading...
Idul Adha Sebulan Lagi, Bekasi Masih Kekurangan Hewan Kurban
Sebulan menjelang Hari Raya Idul Adha, ketersediaan hewan kurban di Kota Bekasi masih kurang. Foto/Dok.MPI
A A A
BEKASI - Sebulan menjelang Hari Raya Idul Adha , ketersediaan hewan kurban di Kota Bekasi masih kurang. Pemerintah Kota Bekasi mengungkapkan masih ada puluhan ribu hewan kurban untuk mencukupi permintaan yang ada.

"Kebutuhan hewan kurban di Kota Bekasi, kita masih mengalami kekurangan dari segi jumlahnya. Dari ketersediaan hewan yang ada tidak sebanding dengan jumlah yang dibutuhkan," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi Wadi Rimal, Selasa (31/5/2022).

Berdasarkan catatannya, kebutuhan hewan kurban jenis kambing maupun domba ditaksir mencapai 22.000 ekor. Sementara, jumlah ketersediaan hingga saat ini baru mencapai 1.000 ekor.





Kemudian, kebutuhan hewan kurban jenis sapi ditaksirnya mencapai 7.000 ekor. Kebutuhan sapi ini baru bisa terpenuhi sebanyak 500 ekor. "Sehingga ketersediaan hewan kurban tergolong belum mencukupi," ucapnya.

Pihaknya harus mengambil hewan kurban dari wilayah lain untuk mencukupi permintaan yang ada. Hanya saja, adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) membuat jajarannya harus serius dalam melakukan karantina untuk mencegah penularan penyakit tersebut.

"Hewan kurban dari luar kami mewajibkan untuk menjalankan karantina terlebih dahulu," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)