Atasi Penumpukan di Manggarai, KAI Commuter Siapkan Tiga Stasiun Transit

Selasa, 31 Mei 2022 - 02:00 WIB
loading...
Atasi Penumpukan di Manggarai, KAI Commuter Siapkan Tiga Stasiun Transit
KAI Commuter menyiapkan tiga stasiun transit selain stasiun Manggarai. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Buntut Stasiun Manggarai menjadi stasiun transit KRL tujuan dari atau menuju Bogor dan Bekasi, menyebabkan penumpukan penumpang. Karena tingginya volume penumpang, KAI menyiapkan stasiun alternatif selain Manggarai untuk transit.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan KAI akan menyiapkan beberapa stasiun alternatif selain stasiun Manggarai guna memecah kepadatan maupun penumpukan penumpang saat jam sibuk.

”Kami akan sosialisasikan, selain manggarai ada stasiun lain yang digunakan untuk transit seperti Stasiun Duri, Angke, dan Kampung Bandan,” kata Ane di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (30/5/2022). Baca juga: Transjakarta Antisipasi Lonjakan Penumpang di Stasiun Manggarai

Anne mengungkapkan selain stasiun Manggarai, salah satunya stasiun Tanjung Priok yang dapat diakses oleh penumpang sebagai alternatif. Menurut Anne, stasiun Tanjung Priok menjadi alternatif bagi penumpang asal Bekasi jika ingin menuju Stasiun Jakarta Kota.

”Dan ini tujuannya untuk keselamatan. Kita tahu, 200 ribu penumpang kalau mau transit harus nyebrang rel. Saat ini sudah difasilitasi dengan naik turun sehingga crossing KRL dan penumpang bisa kami minimalkan,” ungkapnya.



Anne menyampaikan sosialiasi alternatif stasiun KRL tersebut guna mengantisipasi kenaikan volume penumpang KRL tiap tahunnya. ”Ke depan kami bisa meningkatkan frekuensi, volume penumpang yang diprediksi naik setiap tahun,”tuturnya. Baca juga: Perubahan Rute KRL, Penumpang di Stasiun Manggarai Kebingungan

Kendati demikian, Anne mengaku pada hari ketiga penerapan perubahan rute transit tersebut, penumpang sudah mulai terbiasa menemukan jalurnya saat ini. ”Jadi ini bertahap ya, ini sudah hari ketiga kami lihat semakin menemukan flow-nya,” tegasnya.

Oleh karenanya, ia mengungkapkan jajarannya tetap bersiaga lantaran karena adanya penumpang musiman yang belum terbiasa transit ke stasiun Manggarai.”Kemudian di weekend dan banyak penumpang musiman jadi memang kemarin ada beberapa penumpukan karena kelambatan, karena masih ada pembatasan kecepatan untuk masuk dan keluar Manggarai,” tegasnya.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian terus berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunanStasiun Manggaraisesuai jadwal. Guna mendukung target tersebut, kegiatan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai pada Jumat (27/5) malam hingga Sabtu (28/5).
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1423 seconds (10.55#12.26)