Polda Metro Jaya Akan Evaluasi 13 Titik Baru Ganjil Genap Selama 3 Bulan

Sabtu, 28 Mei 2022 - 12:07 WIB
loading...
Polda Metro Jaya Akan Evaluasi 13 Titik Baru Ganjil Genap Selama 3 Bulan
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengevaluasi penerapan ganjil genap di 13 titik baru selama tiga bulan ke depan. Jika terjadi kemacetan di jalur alternatif, maka sistem ganjil genap di 13 titik baru tersebut diusulkan ditinjau ulang.

"Evaluasi tiga bulan untuk melihat apakah dengan penambahan 26 kawasan ini akan berdampak terhadap kemacetan di jalan alternatif atau tidak," ungkap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan Sabtu (28/5/2022).

Menurut Sambodo, evaluasi selama tiga bulan ke depan itu merupakan permintaan Dishub DKI Jakarta. Selama diperiode itu dilakukan riset jalan guna mengetahuiada peningkatan kecepatan kendaraan atau tidak.

"Kalau kecepatan kendaraan biasa aja atau macet maka bisa dibatalkan titik ganjil genap yang baru itu," ujarnya. Baca: Uji Coba Ganjil Genap 13 Titik Baru Ibu Kota, Polisi Pastikan Tak Ada Tilang

Sambodo mengakui telah mendapatkan masukan dari masyarakat jika perluasan kawasan ganjil genap tersebut akan menimbulkan kemacetan di jalur alternatif.

Sementara menurut survei dan penelitian yang dilakukan Dishub DKI Jakarta, perluasan ganjil genap menjadi 26 kawasan diharapkan akan menurunkan volume kendaraan di kawasan tersebut hingga 45 persen.

"Kalau ternyata malah menimbulkan kemacetan di titik lainnya yang lebih parah, kita bisa saja evaluasi kebijakan ini untuk kemudian kita usulkan ke Pemprov DKI Jakarta kembali ke 13 kawasan yang saat ini berlaku. Jadi kita lihat efeknya seperti apa," ucapnya.
(hab)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1889 seconds (10.101#12.26)