Tak Hanya Sekadar Gowes, Road Monkey Edukasi Bersepeda di Jalan Raya

Jum'at, 27 Mei 2022 - 17:57 WIB
loading...
Tak Hanya Sekadar Gowes, Road Monkey Edukasi Bersepeda di Jalan Raya
Road Monkey komunitas sepeda yang menjadi tempat kumpulnya goweser dari berbagai latar belakang pekerjaan. Foto: Helmi Syarif/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Selama masa pandemi Covid-19 , tren bersepeda atau gowes meningkat di kalangan. Telah muncul sejumlah komunitas sepeda yang menjadi tempat bagi para pesepeda untuk menyalurkan hobi itu.

Salah satu di antaranya, yaitu Road Monkey. Road Monkey adalah salah satu komunitas sepeda yang menjadi tempat kumpulnya goweser dari berbagai latar belakang pekerjaan.

Road Monkey berawal dari sejumlah individu-individu yang senang bersepeda lalu mempunyai keinginan bersama untuk meningkatkan kualitas bersepeda.

Road Monkey mulai beraktivitas sejak tahun 2019. Semula anggota Road Monkey hanya berjumlah sekitar 10 orang, namun kini bertambah menjadi lebih dari 60 orang selama kurun waktu satu tahun berjalan.

"Kami terbuka untuk bergabung. Yang penting ada sepeda. Yang penting membawa sepeda bukan membawa sepeda motor," ujar salah seorang founder Road Monkey, Eko Prastia Firmansyah kepada wartawan di Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Dari masing-masing individu itu, kata dia, akhirnya bertambah besar hinggaa tercipta komunitas Road Monkey. Road Monkey resmi dilaunching pada 24 Februari 2021.

Komunitas sepeda ini berbeda dengan komunitas sepeda yang lain. Hal ini, karena para goweser di komunitas ini saling memberikan edukasi antar anggota dan masyarakat umum bagaimana cara bersepeda yang baik dan benar.

Setiap berkendara, para goweser selalu memperhatikan aturan lalu lintas sehingga tidak membahayakan diri sendiri ataupun para pengguna jalan lainnya.

"Kami memasyarakatkan sepeda dan mensepedakan masyarakat," ujarnya.

Sejak pertama kali berdiri hingga saat ini, kata dia, pihaknya rutin mengikuti kegiatan sepeda di Indonesia. Salah satu di antaranya adalah bersepeda di event Audax yang pada beberapa waktu lalu diselanggarakan di Bali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)