RSJ dr Soeharto Heerdjan Gelar Baksos Nasional Pengobatan Intervensi Nyeri

Rabu, 18 Mei 2022 - 18:39 WIB
loading...
RSJ dr Soeharto Heerdjan Gelar Baksos Nasional Pengobatan Intervensi Nyeri
Bertepatan dengan HUT ke-102, RSJ dr Soeharto Heerdjan menggelar Bakti Sosial Nasional Pengobatan Nyeri di Grogol, Jakarta Barat, belum lama ini. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Bertepatan dengan HUT ke-102, RSJ dr Soeharto Heerdjan menggelar Bakti Sosial Nasional Pengobatan Nyeri di Grogol, Jakarta Barat, belum lama ini. Pelayanan baksos intervensi nyeri ini digelar gratis.

Sebanyak 100 dokter spesialis melakukan layanan terdiri dari spesialis ortopedi dan traumatologi (SpOT), spesial saraf (SpS), spesial bedah saraf (SpBS), spesialis anastesi (SpAn), spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi (SpKFR).
Baca juga: Medina Zein Berontak saat Dibawa ke RSJ, Sebut Ibu Kandungnya Orang Jahat

Terdapat 600 lebih warga Jabodetabek mendaftar untuk pelayanan intervensi nyeri ini. Baksos sekaligus ajang silaturahmi bagi tim internal rumah sakit dengan para dokter perawat operator intervensi nyeri sekaligus sebagai bukti kepedulian RSJ dr Soeharto Heerdjan terhadap masyarakat sekitar.

Kegiatan ini juga menjadi sosialiasi layanan intervensi nyeri sebagai sarana promosi bagi industri kesehatan dan pendukungnya termasuk di dalamnya asuransi kesehatan sosial atau komersial.

Masyarakat dari berbagai usia, terdiri dari lansia yang sering alami penyakit degeneratif otot sendi rangka, orang muda yang hobi berolahraga sehingga rentan terhadap cedera olahraga, pekerja yang alami cedera akibat posisi ergonomis kerja repetitif yang salah, penyintas penyakit terminal seperti kanker dan pasien pascaoperasi yang masih merasakan nyeri lokal.

Tujuan layanan ini memberikan kesempatan mereka untuk menjalani hidupnya agar lebih bermartabat dan berkualitas.

Dokter spesialis yang terlibat adalah alumni dan peserta kursus Precursor Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, yang datang dari ujung barat Aceh sampai ujung timur Papua Abepura.

Direktur RSJ dr Soeharto Heerdjan, dr Desmiarti mengungkapkan layanan ini dapat terus berkembang di berbagai fasilitas kesehatan di Indonesia, sehingga dapat menolong masyarakat dengan permasalahan nyeri kronis sekaligus meningkatkan kualitas hidup pasien dan meringankan beban pembiayaan kesehatan negara antara lain program JKN-BPJS.

Ke depannya RSJ dr Soeharto Heerdjan sebagai RS khusus jiwa akan membuka layanan di luar kekhususannya (termasuk layanan intervensi nyeri) sesuai dengan regulasi perumahsakitan Peraturan Pemerintah tahun 47, tahun 2020 tentang Penyelenggaraan bidang Perumahsakitan.

dr Alif Noeryanto Rahman selaku Direktur Program Pendidikan Precursor Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran mengajak lebih banyak dokter untuk menekuni layanan intervensi nyeri ini dan berkontribusi lebih bermakna bagi bangsa dan negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)