Rapid Test Massal, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sasar Rusunawa Cengkareng

Minggu, 21 Juni 2020 - 19:05 WIB
loading...
Rapid Test Massal, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sasar Rusunawa Cengkareng
Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sandiaga Salahudin Uno meninjau langsung rapid test di Rusunawa Persaki. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 (RIB) terus bergerak membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan COVID-19. Kali ini, RIB menggelar rapid test massal di Rusunawa Persaki, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Rapid test ini ditargetkan untuk para warga rusunawa dan para pekerja lepas di wilayah Kecamatan Cengkareng. RIB menyiapkan 1.000 alat rapid test beserta dua mobil laboratorium untuk tes PCR atau swab test dan dua mobil ambulans. Swab test ini diperuntukan bagi warga yang reaktif (positif) COVID-19.

Mobil Laboratorium RIB ini dapat mengambil 320 sampel per harinya. Mobile Laboratorium COVID-19 ini, merupakan laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2) yang bersertifikat internasional pertama di Indonesia. Adapun, hasilswab test bisa diketahui hanya dalam 3 jam. (Baca juga; Rapid Test Massal di Puncak Bogor, 32 Wisatawan Reaktif COVID-19 )

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sandiaga Salahudin Uno meninjau langsung rapid test tersebut. Dalam tinjauan ini, Sandiaga didampingi Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi, Camat Cengkareng Ahmad Fakih dan Lurah Duri Kosambi Imbang Santoso

Sandiaga mengatakan kehadiran RIB dalam rapid test ini untuk membantu pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19. Saat ini, fokus RIB adalah mendatangi wilayah-wilayah ataupun lokasi yang tingkat penyebarannya sangat tinggi, termasuk rusunawa. (Baca juga; Pemprov DKI Bakal Pertahankan CFD pada Masa Transisi PSBB )

“Ini adalah bukti gerak cepat dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 yang berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Pemerintah Kota Jakarta Barat. Kami galakkan ini karena kita memasuki fase-fase yang sangat menentukan. Jadi kita akan mulai melakukan relaksasi PSBB, kita akan membuka kegiatan ekonomi tapi kita harus galakkan testing, sehingga kita punya database yang kuat dan memetakan wilayah mana yang harus berhati-hati dan masyarakat harus diberikan protokol COVID-19 yang ketat dan disiplin,” kata Sandiaga di Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (21/6/2020).

Sandiaga mengatakan, rapid test massal yang diselenggarakan ini merupakan hasil kerja sama Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, Pemerintah Kota Jakarta Barat, Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Polres Jakarta Barat, TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN). Rusunawa Persaki ini merupakan salah satu rusun yang padat penduduk hampir lebih dari 2.000 warga.

"RIB mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI dan juga aparat TNI, Polri serta BIN yang membantu kegiatan ini. Karena kita berjuang bersama-sama sebagai satu kesatuan melawan COVID-19," katanya.

Sandiaga menegaskan saat ini Indonesia tengah memasuki era New Normal dan sebagian ekonomi mulai dibuka secara perlahan sesuai tahapan pemerintah. Dia mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan COVID-19 sesuai anjuran pemerintah.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 per 20 Juni 2020, kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai 45.029 kasus. Sedangkan, sebanyak 17.883 pasien berhasil sembuh dan 2.429 pasien yang meninggal dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)