Kronologi Bocah 8 Tahun di Jakbar Meninggal Dunia Terindikasi Probable Hepatitis Akut

Kamis, 12 Mei 2022 - 16:04 WIB
loading...
Kronologi Bocah 8 Tahun di Jakbar Meninggal Dunia Terindikasi Probable Hepatitis Akut
Seorang anak di Taman Sari, Jakarta Barat, meninggal dunia terindikasi probable hepatitis akut. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Seorang anak di Taman Sari, Jakarta Barat, meninggal dunia terindikasi probable hepatitis akut. Saat ini Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Barat masih mencari tahu kebenaran penyebab meninggalnya bocah berusia 8 tahun itu.

"Seorang anak di Taman Sari, Jakarta Barat, meninggal dunia terindikasi probable hepatitis akut yang masih belum diketahui etiologinya," ungkap Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Sudinkes Jakarta Barat Arum Ambarsari saat dikonfirmasi, Kamis (12/5/2022).



Arum membeberkan, anak tersebut meninggal dunia pada Selasa (19/4/2022) setelah menjalani sejumlah perawatan intensif di rumah sakit. Sebelumnya anak tersebut mengalami gejala demam, mual, muntah, diare, dan menurunnya kesadaran.

Anak tersebut diduga terindikasi penyakit hepatitis misterius ketika sudah dinyatakan meninggal dunia. "Pasien tersebut sakit tanggal 5 April 2022, lalu dirujuk ke RSUD Sawah Besar pada 15 April 2022. Kemudian dirujuk ke RS Cipto Mangunkusumo pada 17 April 2022. Dua hari kemudian dinyatakan meninggal dunia," papar Arum.



"Diketahui setelah meninggal melalui laporan dari pihak rumah sakit, bahwa ada kasus hepatitis berat seperti di negara-negara lain yang melaporkan," tambah Arum.

Atas laporan tersebut, kekinian pihak Sudinkes tengah menelusuri dugaan kasus tersebut dengan melibatkan sejumlah pakar dan epidemiolog.
"Termasuk menggali riwayat penyakit dan pengobatan pasien. Kami juga meneliti faktor lingkungan yang menyebabkan risiko terjadinya hepatitis akut," pungkas Arum.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebelumnya menyebutkan, saat ini tercatat 21 kasus diduga hepatitis akut di Ibu Kota. Dari jumlah itu tiga orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)