Bangga! Anies Terima Gelar Tuan Penata Negara dari Masyarakat Adat Tulang Bawang Barat

Senin, 09 Mei 2022 - 15:57 WIB
loading...
Bangga! Anies Terima Gelar Tuan Penata Negara dari Masyarakat Adat Tulang Bawang Barat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima Gelar Kehormatan Adat Lampung Pepadun Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara) dari Federasi Adat Marga Empat (Marga Pak) Tulang Bawang Barat. Foto: IG @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima Gelar Kehormatan Adat Lampung Pepadun Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara) dari Federasi Adat Marga Empat (Marga Pak) Tulang Bawang Barat (Tubaba). Bagi Anies, Kabupaten Tulang Bawang Barat merupakan daerah yang spesial.

“Dari hati yang paling dalam kami sampaikan apresiasi. Terima kasih atas kehormatan yang diembankan kepada kami. Insyaallah akan kami jalani dengan sebaik-baiknya. Tulang Bawang Barat akan selalu menjadi bagian penting dalam perjalanan hidup kami, sebuah tempat yang memberikan kesan amat mendalam,” ujar Anies melalui Instagramnya @aniesbaswedan, Senin (9/5/2022).
Baca juga: Anies Dilantik Riza Patria Jadi Anggota Kehormatan Komando Nasional Menwa

Dia mengingat kembali ketika pertama kali menginjakkan kaki di tanah Tubaba, 11 November 2010 silam. Saat itu, Anies menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Pihaknya mengantarkan beberapa anak muda, sarjana-sarjana terbaik yang bersedia menjadi pengajar di tempat-tempat yang penuh dengan tantangan. Gerakan itu disebut Indonesia Mengajar.

Tubaba adalah satu dari sedikit kabupaten yang menyatakan bersedia menerima angkatan pertama Indonesia Mengajar. “Kami bersyukur sekali atas sambutan warga Tubaba yang terbuka untuk kemajuan pendidikan, termasuk Pak Umar Ahmad yang saat itu masih wakil bupati,” kata Anies.

Waktu itu Tulang Bawang Barat adalah kabupaten baru hasil pemekaran. Pada 2015 sempat kembali ke Tubaba ketika Indonesia Mengajar di Tubaba tuntas pada tahun 2015. Program ini memang dirancang untuk lima tahun saja agar selanjutnya masyarakat di sini tumbuh berkembang.

“Alhamdulillah Pak Umar Ahmad yang kemudian menjadi Bupati Tubaba sangat peduli dengan pendidikan dan berhasil menginisiasi program Tubaba Cerdas,” ujar Anies.
Baca juga: Anies: DKI Jakarta Terus Berinovasi di Bidang Teknologi Digital

Selepas bertugas di Kemendikbud, Anies menjabat Gubernur DKI Jakarta. Beberapa waktu lalu Bupati Tulang Bawang Barat gantian bersilaturahmi ke Balai Kota. Dia menyampaikan pesan ada sebuah gelar kehormatan yang hendak dianugerahkan dari Tubaba.

“Semoga kemajuan bagi Kabupaten Tulang Bawang Barat akan terus terjadi dan keberkahan akan bisa melimpah kepada semua yang berada di Kabupaten #TulangBawangBarat,” kata Anies.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)