3.000 Warga Depok Ikuti Mudik Gratis dari Kemenhub

Kamis, 28 April 2022 - 17:34 WIB
loading...
3.000 Warga Depok Ikuti Mudik Gratis dari Kemenhub
Menhub Budi Karya Sumardi melepas 3.000 warga yang mudik dari Terminal Jatijajar Depok.Foto/SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi melepas 3.000 warga yang mudik dari Terminal Jatijajar Depok. Sebanyak 106 bus diberangkatkan Kemenhub pada Kamis (28/4/2022) dari terminal tersebut.

Antusiasme warga untuk mudik sangat tinggi, terlebih melalui program mudik gratis. Bahkan Menhub meminta tambahan armada pada kementerian dan lembaga agar membantu warga yang belum dapat mudik gratis. “Kita mohon pada kementerian dan lembaga kalau enggak bisa 10 atau dua saja masing-masing,” ungkap Budi, Kamis (28/4/2022).

Menurut dia, daya beli masyarakat relatif belum maksimal saat ini. Dengan bantuan bus gratis akan sangat membantu masyarakat.
“Jadi kita berikan CSR toh ada anggarannya, saudara kita senang. Amanah Presiden untuk berikan penghargaan kepada masyarakat. Dan ini juga mengurangi loud pada jalur-jalur padat. Jadi Pak Dirjen tolong dikoordinasikan,” ujarnya.

Dia berharap agar tambahan armada bus gratis ini dapat segera dilaksanakan. Karena masyarakat memiliki waktu untuk mudik di hari Lebaran. “Karena butuh sekali, mereka gembira sekali, jadi saya berharap bus tambahan mudik Lebaran ini harus dilaksanakan,” katanya.

Kebahagiaan terlihat di wajah pemudik bernama Saiman yang baru saja berangkat dari Terminal Jatijajar. Setelah tidak mudik dua tahun akhirnya sekarang bisa mudik gratis.“Bersyukur saya dapat tiket mudik gratis program Kemenhub untuk tujuan Sukoharjo. Dan saya beruntung cepat mendapatkan tiket, kalau tidak bisa kehabisan,” katanya.

Dia berangkat bersama istri dan satu anaknya ke kampung halaman. Dia pun senang karena bisa menghemat ongkos mudik Rp1,5 juta.“Kalau beli tiket harganya Rp500.000, saya bertiga jadi Rp1,5 juta. Jadi ini lumayan bisa hemat,” ucapnya.

Kepala UPT Terminal Terpadu Depok, Ari Andromeda mengatakan, pendaftaran program mudik gratis dilakukan secara online dan validasi tiket untuk wilayah Kota Depok, berada di Terminal Terpadu Kota Depok. Pendaftaran tahap pertama kuota untuk Kota Depok telah habis sejak 12 April.

Tidak jauh berbeda dengan pendaftaran periode kedua yang telah habis pada 21 April. “Total kuota tiket mudik gratis di Kota Depok mencapai 2.550 peserta,” katanya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)