Ketua Pansus RUU Ormas: Tindakan Munarman bentuk kekerasan

Jum'at, 28 Juni 2013 - 16:49 WIB
Ketua Pansus RUU Ormas: Tindakan Munarman bentuk kekerasan
Ketua Pansus RUU Ormas: Tindakan Munarman bentuk kekerasan
A A A
Sindonews.com - Tindakan Juru Bicara (Jubir) Front Pembela Islam (FPI) Munarman yang menyiram air teh ke wajah Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Thamrin Amal Tomagola, dinilai sebagai bentuk tindakan kekerasan organisasi masyarakat (Ormas).

Menurut Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU Ormas Abdul Malik Haramain tindakan Munarman telah berlebihan dan bentuk arogansi.

"Aktivitas Ormas berlebihan mengganggu orang, salah satunya bentuk refleksi arogansi Pak Munarman kepada Pak Thamrin dalam koridor anti kekerasan dan anti teror," kata Malik saat dihubungi, Jumat (28/6/2013).

Kata dia, tindakan seperti itu lah yang akan diatur dalam RUU Ormas agar aksi kekerasan tidak terjadi di masyarakat.

"Pemerintah membentuk payung hukum dengan undang-undang ini. terhadap Ormas tentang salah satunya dengan masalah penyiraman air," tegasnya.

Ia pun menyayangkan sikap Munarman yang harus menyiramkan air teh ke wajah Thamrin. Dia berpendapat kalau pun ada perbedaan tidak semestinya dilakukan dengan cara fisik.

"Kalau peredebatan perbedaan pendabat itu tidak boleh secara fisik dan kekerasaan, apa yg dilakukan Munarman membuat objeknya Pak Thamrin terganggu dan menjadi korban, apakah melukai mencederai seperti apa pun itu," tuntasnya.

Sekadar diketahui, dalam siaran langsung yang ditayangkan TvOne sekira pukul 07.30 WIB tadi pagi, Thamrin dan Munarman hadir sebagai narasumber tentang sweeping tempat hiburan malam jelang bulan Ramadan.

"Polisi, Kemendag, tidak melarang minuman keras, itu masalahnya. Beliau ini melihar hilirnya," kata Munarman.

"Anda enggak tahu, dengar dulu, anda enggak tahu apa yang saya maksud, diam dulu," sanggah Thamrin. Sementara Munarman ngotot tak mau berhenti bicara.

Lalu Munarman berdiri dari kursinya dan mengambil cangkir di hadapannya kemudian menyiram air ke wajah Thamrin. Sang pembawa acara langsung melerai dan menghentikan aksi Munarman.‬
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6054 seconds (0.1#10.140)