Hari Bumi, Anies Luncurkan Pengelolaan Sampah Digital

Jum'at, 22 April 2022 - 20:36 WIB
loading...
Hari Bumi, Anies Luncurkan Pengelolaan Sampah Digital
Peringati Hari Bumi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan sebuah inovasi dan terobosan pengelolaan sampah secara digital. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Peringati Hari Bumi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan pengelolaan sampah digital. Digitalisasi pengelolaan sampah merupakan sebuah inovasi dan terobosan, sekaligus menyediakan wadah kolaborasi untuk semua stakeholder.

“Program ini merupakan sebuah inovasi dan terobosan bagaimana kita semua dapat mengolah sampah dengan berbasis teknologi digital secara lebih sistematis, sekaligus menyediakan wadah kolaborasi semua stakeholder yang ada,” ujar Anies, Jumat (22/4/2022).



Anies mengatakan, dengan adanya teknologi digital dalam pengelolaan sampah, memberikan pesan kepada semua bahwa sampah adalah tanggung jawab bersama. Baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Anies berharap hadirnya teknologi digital dapat menumbuhkan kesadaran hingga kepedulian dalam pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Hari Bumi, Anies Luncurkan Pengelolaan Sampah Digital


"Dengan harapan seluruh warga Jakarta dari berbagai unsur akan memiliki kesadaran, paradigma baru, kepedulian yang baru dan juga berkolaborasi untuk pengelolaan sampah yang lebih baik. Sehingga dapat mewujudkan tema Hari Bumi tahun ini, yaitu Baik untuk Bumi," ujarnya.



Sementara itu, Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto menuturkan bahwa melalui digitalisasi pengelolaan sampah masyarakat mendapatkan manfaat kesehatan dengan lingkungan yang bersih, ekonomi sirkular, dimana sampah yang dihasilkan dapat ditukar dengan point dan adanya pengurangan sampah setiap hari.

"Dengan adanya semangat dan komitmen dari semua pihak dalam kolaborasi Gerakan Jakarta Sadar Sampah, maka pengelolaan sampah di DKI Jakarta yang lebih baik dapat tercapai," ucap Asep.

Asep menilai peran para pemangku kepentingan Kota Jakarta untuk menyukseskan pengelolaan sampah secara digital demi mewujudkan ekosistem hijau yang berdampak pada sirkular ekonomi.

“Sangat penting untuk menjaga komitmen dan semangat semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi Gerakan Jakarta Sadar Sampah dan Baik Untuk Bumi ini. Sehingga pengelolaan sampah yang baik, terutama pengurangan sampah di Jakarta bisa tercapai sesuai target," ungkap Asep.

Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Kaktus App sebagai bagian dari program digitalisasi pengelolaan sampah, juga mengundang mitra yang membuka pameran yang diikuti oleh 101 mitra biokonversi BSF Maggot, 10 asosiasi kolaborator yang menunjukkan transformasi pengelolaan sampah, dan booth transportasi green energy.

Founder Kaktus Indonesia Arya Primanda mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta dan Dinas Lingkungan Hidup,terutama Pemerintah Kota Jakarta Selatan yang mau bertransformasi dan bersedia melibatkan Kaktus serta mendukung perubahan berkolaborasi dengan Kaktus.

"Kolaborasi ini mewujudkan program-program Kaktus sesuai dengan milestone mewujudkan ekosistem hijau dengan pemanfaatan teknologi dalam mengelola sampah di DKI Jakarta," tutur Arya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)