Kanwil Kemenkumham DKI Gelar Razia Serentak di 3 Lapas

Jum'at, 22 April 2022 - 08:29 WIB
loading...
Kanwil Kemenkumham DKI Gelar Razia Serentak di 3 Lapas
Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menggelar razia di tiga lapas dan rutan wilayah Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menggelar razia di tiga lapas dan rutan wilayah Jakarta. Razia ini digelar dalam rangka menyelenggarakan upaya pencegahan dan penindakan serta peredaran narkoba di lapas dan rutan.

Razia secara serentak dipimpim Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, beserta Kepala Divisi Administrasi, Sorta Delima L. Tobing, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Marselina Budiningsih, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ronald Lumbuun, Kepala Lapas Kelas I Cipinang, Tonny Nainggolan serta para Kepala Lapas dan Rutan di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis, 21 April 2022 kemarin.

Pelaksanaan razia dibagi menjadi tiga pemantau monitoring. Tim pertama dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah beserta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang menyambangi Rutan Kelas I Cipinang, Lapas Kelas I Cipinang, Lapas Kelas IIA Narkotika dan RS Pengayoman.

Kepala Divisi Pemasyarakatan memimpin tim kedua di Lapas Kelas IIA Salemba dan Rutan Kelas I Jakarta Pusat. Adapun Tim terakhir dipimpin oleh Kepala Divisi Administrasi yang memantau Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta dan Rutan Kelas I Pondok Bambu.

Tidak hanya jajaran internal pemasyarakatan, pelaksanaan sidak kali ini juga melibatkan Polri, TNI, dan BNN. Pelaksanaan penggeledahan lapas dan rutan merupakan salah satu kegiatan yang sejalan dengan tiga kunci pemasyarakatan maju yang terdiri dari deteksi dini, pemberantasan narkoba, dan melakukan sinergi dengan aparat penegak hukum.

Adapun target razia adalah penyalahgunaan narkotika dan barang-barang terlarang sesuai dengan Permenkumham Nomor 6/2013 tentang Tata Tertib Lapas Rutan.
Divisi Pemasyarakatan pun telah rutin menyelenggarakan kegiatan razia sebagai salah satu bentuk pengawasan dan pengendalian dari dalam lapas dan rutan, khususnya di DKI Jakarta.

“Kita memiliki kewajiban yang sama dengan seluruh unsur Pemasyarakatan di Indonesia ini”, ungkap Ibnu Chuldun. Dia berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan khidmat.

“Kegiatan ini bersamaan dengan pelaksanaan ibadah Ramadhan yaitu salat tarawih dan tadarus Al-quran. Pelaksanaan kegiatan harus mempertimbangkan itu, masuk dengan senyum dan sapa. Tetap hormati warga binaan kita yang sedang menjalankan ibadah Ramadhan”, lanjutnya.

Terakhir, Ibnu Chuldun menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk menjalankan tugas ini dengan penuh tanggung jawab. Beliau pun berharap pernyataan sikap yang telah dideklarasikan bersama pada Maret lalu dapat terimplementasikan dengan baik.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)