Warga Jakarta Bisa Dapatkan 12 Layanan Dukcapil Dalam Waktu 15 Menit

Selasa, 19 April 2022 - 16:04 WIB
loading...
Warga Jakarta Bisa Dapatkan 12 Layanan Dukcapil Dalam Waktu 15 Menit
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menghadiri penandatanganan kerja sama Anjungan Dukcapil Mandiri di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (19/4/2022). Foto: MPI/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Terdapat 12 layanan Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dukcapil ) di Jakarta yang dapat diakses oleh masyarakat dalam waktu 15 menit. Hal itu ditandai penyerahan bantuan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri kepada Pemprov DKI Jakarta .

12 Layanan Administrasi Kependudukan dalam waktu 15 menit yang dapat diakses dari Dukcapil DKI yakni:
1. Pencatatan biodata penduduk kurang 12 tahun
2. Penerbitan Kartu Keluarga (KK)
3. Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP Elektronik)
4. Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA)
5. Legalisasi dokumen kependudukan belum TTE
6. Penerbitan Surat Tanda Bukti Pendataan Penduduk Non-Permanen (STBP2NP)
7. Penerbitan Kutipan Akta Kelahiran
8. Penerbitan Kutipan Akta Kematian
9. Penerbitan Surat Keterangan Lahir-Mati
10. Penerbitan kembali kutipan hilang/rusak yang telah ada bukti surat keabsahan
11. Penerbitan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT)
12. Pencatatan peristiwa penting WNI dan orang asing di luar negeri.
Baca juga: Dukcapil Kemendagri Yakinkan Masyarakat Pentingnya Dokumen Kependudukan

"Pada siang ini di Pemprov DKI Jakarta dilakukan kegiatan penandatanganan kerja sama dan penyerahan bantuan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, evaluasi kinerja Dukcapil, launching penyelesaian layanan pendaftaran penduduk dan catatan sipil," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (19/4/2022).

Keberadaan 12 layanan kependudukan dalam waktu 15 menit tersebut bisa membuat layanan kepada masyarakat semakin lebih baik. "Harapannya ini menjadi salah satu faktor yang bisa juga masyarakat memiliki kepuasan lebih tinggi dalam menerima layanan dari pemerintahan," ucapnya.

Menurut dia, efisiensi dan efektivitas layanan dapat dilaksanakan di jajaran paling depan. "Komitmen ini sudah dilaksanakan sejak Maret 2022 dan akan terus dilakukan. Kita implementasikan di lapangan dengan efisien dan baik," kata Anies.

Mantan Mendikbud berharap masyarakat yang tinggal di Jakarta merasa bersyukur atau merasa beruntung karena sudah tinggal di Jakarta karena pelayanannya berjalan dengan baik.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi pelaksanaan 12 layanan Dukcapil dalam kurun waktu 15 menit. "Hari ini satu titik yang sangat bagus layanan dukcapil bisa dilaksanakan dalam 15 menit. 12 dokumen diselesaikan dalam waktu masing-masing 15 menit," ujar Zudan.
Baca juga: Pemanfaatan Data Dukcapil oleh Kejagung Percepat Penanganan Hukum

Ini merupakan pencapaian luar biasa karena jumlah penduduk Jakarta sebanyak 11,2 juta dari sejak lahir sampai meninggal dunia memerlukan layanan administrasi kependudukan.

"Apresiasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta seluruh jajaran Dukcapil hingga di satuan pelaksana. Komitmen ini kita dukung bersama-sama," katanya.

Dia berharap provinsi lain bisa belajar dari Dukcapil DKI menuju layanan 15 menit. "Karena komitmen di Kemendagri itu pelayanan masih satu jam berdasarkan Permendagri Nomor 19 Tahun 2018 dengan program Semedi (Sehari Mesti Jadi). Nah, di DKI 12 layanan bisa dalam 15 menit ini pencapaian yang sangat luar biasa," ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)