Hadiri Kebaktian Paskah di GPIB Immanuel, Anies Sampaikan Pesan Perdamaian dan Persatuan

Minggu, 17 April 2022 - 11:19 WIB
loading...
Hadiri Kebaktian Paskah di GPIB Immanuel, Anies Sampaikan Pesan Perdamaian dan Persatuan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri kebaktian ibadah Paskah Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta Pusat, pada Minggu dini hari (17/4/2022).Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan pesan perdamaian dan persatuan untuk seluruh masyarakat di DKI Jakarta. Hal tersebut disampaikan Anies Baswedan saat menghadiri Fajar Paskah Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta Pusat pada Minggu (17/4/2022) dini hari.

Anies melihat momen kebaktian fajar GPIB Immanuel ini menjadi istimewa karena gereja bersejarah itu tuntas direvitalisasi dan kembali diresmikan pada Desember 2021 lalu.“Kebaktian Fajar GPIB Immanuel merupakan tradisi dan kami bersyukur bahwa Gereja Immanuel pagi ini memiliki wajah baru yang teduh dan memancarkan kebahagiaan bagi kita semua,” ujar Anies Baswedan.

“Berdiri di tempat ini merasakan sebuah suasana yang amat berbeda, setiap tahun diikhtiarkan untuk datang. Kali ini cukup unik, karena revitalisasi telah tuntas,” kata Anies.

Anies menjelaskan, revitalisasi gereja bukan sekadar melakukan pemugaran pada fisiknya semata. Melainkan, lebih dari itu, Gereja Immanuel harus menjadi tempat bagi kegiatan dan memberikan keteduhan baik bagi pengurus maupun jemaatnya.

“Sebuah gereja bukan hanya tentang bangunan, sebuah gereja adalah tentang jemaat yang ada di sana, tentang kegiatan, doa dan cahaya keteduhan, kedamaian kepada semua yang melingkupinya,” tutur Anies Baswedan.

“Karena itu, amat bersyukur bagian dari tugas kita (Pemprov DKI Jakarta) sudah ditunaikan ketika revitalisasi ini selesai. Sisi selatan yang dulu jarang diperhatikan, sekarang menjadi tempat cahaya itu memancar dengan amat indahnya,” ucap dia.

Mantan Mendikbud tersebut berharap agar keteduhan dan kedamaian yang salah satunya dihadirkan Gereja Immanuel juga dapat dirasakan seluruh warga Jakarta. Sehingga, harapannya kedamaian dan persatuan dapat semakin diperkuat.

“Kami menginginkan suasana di Jakarta dapat terus memfasilitasi tumbuhnya persatuan dan menguatkan persatuan tersebut, karena kebhinnekaan adalah karunia Tuhan, tapi persatuan adalah usaha manusia,"ujar Anies.

Anies menekankan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika dan kata kunci yang harus diikhtiarkan adalah tunggal yang artinya satu. Pihaknya bersyukur dan terima kasih jemaat dan pengurus GPIB Immanuel telah menjadi bagian dari kota Jakarta yang terus menjaga suasana persatuan.

“Paskah ini menjadi sebuah kebahagiaan, perayaan yang memberikan kesan berbeda kali ini, saya pun merasakan suasana yang berbeda itu. Semoga peringatan Hari Paskah tahun ini membawa babak baru yang makin kuat perasaan kebersamaan, kesetaraan, dan tanggung jawab kita adalah bersama menghadirkan itu di seluruh kota Jakarta,” pungkas Anies Baswedan.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)