Profil Kombes Jean Calvijn Simanjuntak, Penangkap Jennifer Dunn hingga Nunung Dimutasi ke Dittipidnarkoba Bareskrim

Jum'at, 15 April 2022 - 14:33 WIB
loading...
Profil Kombes Jean Calvijn Simanjuntak, Penangkap Jennifer Dunn hingga Nunung Dimutasi ke Dittipidnarkoba Bareskrim
Kombes Pol Jean Calvijn Simanjuntak ketika masih menjabat Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo kembali memutasi ratusan anggota Korps Bhayangkara. Melalui tiga surat telegram terbaru, sebanyak 215 perwira tinggi dan perwira menengah kini berganti jabatan.

Di jajaran pamen, salah satu yang dimutasi yakni Kombes Pol Jean Calvijn Simanjuntak. Mantan Kapolres Trenggalek yang kerap dijuluki polisi ganteng atau polisi gaul oleh warganet (netizen) itu akan bertugas di Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri.

“Kombes Pol Jean Calvijn Simanjuntak, Penyidik Tindak Pidana Madya Tk III Bareskrim Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubdit I Dittipidnarkoba Bareskrim Polri,” bunyi salinan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/747/IV/KEP./2022, dikutip Jumat (15/4/2022).
Baca juga: Profil Kombes Pasma Royce, Penyidik Bareskrim yang Juga Mantan Direskrimsus Polda Kalteng Jabat Kapolres Jakbar

Untuk diketahui, dalam mutasi teranyar ini Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan tiga telegram, masing-masing Nomor: ST/746/IV/KEP./2022, ST/747/IV/KEP./2022, dan ST/748/IV/KEP./2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Telegram yang diteken Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Wahyu Widada tersebut tertanggal 13 April 2022.

Kembali bertugas di direktorat tindak pidana narkoba seolah membawa Jean Calvijn ke habitatnya. Betapa tidak, sebagian besar karier lulusan Akademi Kepolisian 1999 ini dihabiskan sebagai seorang reserse narkoba.

Nama Jean Calvijn bahkan harum soal ini. Asal tahu, dalam rekam jejaknya polisi berdarah Batak ini pernah menjabat sebagai Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Di sini lah dia bersama timnya memberangus peredaran narkoba di Ibu Kota.

Tak tanggung-tanggung, Calvijn dan anak buahnya pernah meringkus sederet publik figur terkait dugaan penggunaan atau kepemilikan barang-barang haram itu. Sebut saja misalnya Jennifer Dunn. Dalam pengembangan kasus itu, ditangkap pula T.

“T seorang wiraswasta. JD (Jennifer Dunn) dan T, mereka berteman,” kata Calvijn di Polda Metro Jaya pada Januari 2018 silam.

Tak cuma Jennifer Dunn, kegarangan Calvijn dan pasukannya dalam memberantas narkoba juga memakan korban lain. Artis Roro Fitria turut dibekuk. Setelah itu anak Ratu Dangdut Elvi Sukaesih, Dhawiya Zaida, juga harus berurusan dengannya.
Baca juga: Profil Gories Mere, Jenderal Polisi di Balik Pembentukan Densus 88 Antiteror

Calvijn pula yang membuat pelawak Tri Retno Prayudati alias Nunung Srimulat tak berkutik. Nunung bersama suaminya, July Jan Sambiran, ditangkap di rumah mereka, Jalan Tebet III, Jakarta Selatan, Jumat (19/5/2019) pukul 13.15 WIB.

Yang juga tak dilupakan, Calvijn dan timnya meringkus bintang sinetron Rio Reifan. Rio ditangkap atas kasus kepemilikan narkoba.

”Alasan tersangka RR (Rio Reifan) menggunakan narkoba karena ada sesuatu permasalahan yang dihadapi dia dan (narkoba) pelarian terhadap permasalahan tersebut,” katanya, Jumat (16/8/2019).

Sebelum bertugas di Bareskrim, Calvijn dipercaya Kapolri waktu itu Jenderal Pol Tito Karnavian untuk memegang tongkat komando teritorial. Pada September 2019 dia dipromosikan sebagai Kapolres Trenggalek, Polda Jawa Timur.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)