Hati-hati! Jalur Mudik Kalimalang Kabupaten Bekasi Rusak Berat

Kamis, 14 April 2022 - 05:00 WIB
loading...
Hati-hati! Jalur Mudik Kalimalang Kabupaten Bekasi Rusak Berat
Jalan Inspeksi Kalimalang di Kabupaten Bekasi rusak parah. Padahal jalur ini akan digunakan ratusan ribu pemudik. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Jalan Inspeksi Kalimalang di Kabupaten Bekasi rusak parah. Lapisan beton yang retak sampai lubang-lubang raksasa tersebar pada jalur sepanjang 23 kilometer ini. Akibatnya, jalur ini sulit dikatakan laik untuk jalur pemudik.

Menjelang Idul Fitri, jalur Kalimalang biasanya dipilih sebagai jalur alternatif bagi pemudik terutama mereka yang mengendarai sepeda motor. Pemudik yang hendak pulang kampung ke Purwakarta, Bandung hingga Jawa Tengah melalui jalur tengah, dapat melalui Jalan Kalimalang.

Namun kondisi jalannya buruk, selain itu minim penerangan. ”Enggak tahun ini kenapa dibiarin. Pernah dibenerin tapi ya gitu-gitu juga. Kagak beres,” kata Andin Hutapea (35), salah seorang warga, Kamis (14/4/2022).

Hancurnya Jalan Kalimalang ini sebenarnya sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Namun, tidak pernah ada perbaikan secara menyeluruh. Alih-alih memperbaiki jalan, Pemkab Bekasi malah sibuk membangun infrastruktur pendamping di Kalimalang.



Berdasarkan catatan, sedikitnya Rp 26 miliar digelontorkan Pemkab Bekasi pada APBD 2021 untuk perbaikan di Kalimalang. Namun, perbaikan itu tidak sedikitpun menyentuh kondisi jalan akses menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah tersebut.

Anggaran puluhan miliar rupiah itu justru digunakan untuk pembangunan drainase dan trotoar sebesar Rp8,9 miliar dan penataan Jalan Kalimalang (Tegaldanas-Tegalgede) dengan anggaran sebesar Rp 5,8 miliar.

Akan tetapi, penataan itu bukan pada kondisi jalan melainkan hanya membangun median jalan. Ironisnya, median jalan yang dibangun hanya menyusun pembatas pada bagian tengah jalan. Sedangkan setelah dipasang median, bagian tengah pada jalur Kalimalang ini tidak disentuh.

Jika umumnya median tengah jalan diisi taman, di jalur Kalimalang Kabupaten Bekasi justru dibiarkan begitu saja. Alhasil kondisinya seperti kolam memanjang di tengah jalan. Jika hujan turun, air tergenang di median lalu merembes ke jalan yang akhirnya merusak kondisi jalan.

Hati-hati! Jalur Mudik Kalimalang Kabupaten Bekasi Rusak Berat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)