Bentuk Generasi Cakap Digital, Ribuan Siswa Ikut K-12 Computer Science Education Fair 2022

Minggu, 10 April 2022 - 12:46 WIB
loading...
Bentuk Generasi Cakap Digital, Ribuan Siswa Ikut K-12 Computer Science Education Fair 2022
BPK Penabur Jakarta bekerjasama dengan Coding Bee Academy menggelar K-12 Computer Science Education Fair 2022 yang digelar 7-9 April 2022. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Dalam upaya membangun generasi yang cakap digital, BPK Penabur Jakarta bekerjasama dengan Coding Bee Academy menggelar K-12 Computer Science Education Fair 2022 yang digelar 7-9 April 2022.

Ketua BPK PENABUR Jakarta Antono Yuwono mengatakan K-12 Computer Science Education Fair 2022 digelar untuk mengedukasi pentingnya ilmu pengetahuan digital dan teknologi komputer bagi anak.

”Era disrupsi, perubahan terjadi begitu cepat, membuat penguasaan soft skills sejak dini bagi peserta didik menjadi penting, tidak kalah dengan hard skills,” kata Antono, di TKK 3 PENABUR, Jakarta Timur.

Menurut Antono peserta didik akan memiliki modal keterampilan 4C seperti critical thinking (berpikir kritis), creative and innovative (kreatif dan inovatif), communicative (komunikatif), dan collaborative (kolaboratif).

Adapun dalam kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen untuk membangun Generasi Emas Indonesia yang ada memiliki keunggulan dan jiwa kompetitif supaya bisa menghadapi persaingan global era industri 4.0.

“Selain itu kemampuan menguasai teknologi informasi dan komputer (computational thinking) harus dimiliki oleh peserta didik,” tuturnya. Baca juga: Sinergi dengan Dunia Kerja, 895 SMK Disiapkan Jadi 'SMK Pusat Keunggulan'

Co- Founder Coding Bee Academy, Haripin Eko Prima mengungkapkan K-12 Computer Science Education Fair 2022 diharapkan bisa menjadi inspirasi seluruh anak-anak di Indonesia.

Pasalnya dengan adanya kegiatan tersebut dapat menginspirasi anak-anak Indonesia tidak hanya jadi konsumen teknologi tapi juga menjadi pencipta teknologi dimasa depan nanti.

“Begitu juga dengan masyarakat agar memiliki kesadaran akan pentingnya membangun literasi digital dan pendidikan coding,” ungkapnya.

Sementara Widyaprada Ahli Utama Kemendikbud Ristek, Hurip Danu Ismadi sangat mengapresiasi apa yang dilakukan BPK PENABUR Jakarta dengan K-12 Computer Science Education Fair 2022.

Dimasa sekarang ini, anak-anak perlu dikenalkan dengan teknologi digital untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan menguasai apa yang menjadi kemampuannya.“Kita sebagai pendidik kenalkan dunia digital kepada anak-anak dan pemerintah sudah mewadahi sistem pendidikan dengan kurikulum dalam meningkatkan kecakapan digital,” urainya.

Dalam kegiatan K-12 Computer Science Education Fair 2022 ini menggelar PENABUR Kids Fest yang diikuti oleh 477 peserta dan 1.327 peserta berpartisipasi dalam Code Olympiad.

Sementara 2.205 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara hingga Papua mengikuti webinar.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2281 seconds (0.1#10.140)