Sertifikasi halal, Jokowi kumpulkan pengusaha kuliner

Rabu, 10 April 2013 - 15:49 WIB
Sertifikasi halal, Jokowi kumpulkan pengusaha kuliner
Sertifikasi halal, Jokowi kumpulkan pengusaha kuliner
A A A
Sindonews.com - Pemprov DKI Jakarta melakukan sosialisasi sertifikasi halal bagi restoran di Jakarta. Sosialisasi tersebut dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan para pengusaha Restoran di Jakarta.
Menurut mantan Wali Kota Solo, sosialisasi setifikasi halal berangkat dari keinginan masyarakat, yang ingin datang ke Jakarta untuk memastikan dan memiliki keyakinan bahwa restoran tersebut berlabel halal.

Selain itu, kata Jokowi, cara tersebut merupakan domain Dinas Pariwisata DKI yang ingin memastikan pilihan-pilihan alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

"Keinginan-keinginan orang yang datang ke Jakarta kita dengar. Mereka ingin memastikan, bahwa restoran yang mereka pilih halal bagi mereka. Ini masalah kepariwisataan memberi keyakinan, wisatawan yang datang itu diberi alternatif pilihan-pilihan. Oh, restoran ini halal bagi mereka, itu aja," ujar Jokowi, di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Selain itu, nantinya bentuk sertifikasi halal untuk restoran di Jakarta akan tertempel stiker halal di tiap-tiap restoran. Jadi, masyarakat bisa memilih restoran mana yang cocok menurut keyakinan mereka.

"Nanti ditempel seperti stiker-stiker halal di restoran-restoran di depannya," paparnya.

Diluar itu, saat ditanya mengenai kemungkinan adanya tekanan dari ormas islam, yang menginginkan sertifikasi halal tersebut, Jokowi membantah dengan mengatakan tidak ada tekanan atau intervensi dari manapun. Kata dia, kegiatan ini murni permintaan masyarakat, dan para pengelola restoran di Jakarta.

Seperti diberitakan, hari ini Pemprov DKI mengundang para pemilik restoran di Jakarta, dan perwakilan MUI untuk melakukan sosialisasi sertifikasi halal makanan dan restoran di Jakarta.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7920 seconds (0.1#10.140)