Tiap tahun angka kemiskinan di Kota Tangerang meningkat

Selasa, 09 April 2013 - 03:42 WIB
Tiap tahun angka kemiskinan di Kota Tangerang meningkat
Tiap tahun angka kemiskinan di Kota Tangerang meningkat
A A A
Sindonews.com - Akademisi Universitan Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah,M Zaki Mubarak mengatakan, banyak keberhasilan Wali Kota Tangerang Wahidin Halim dalam berbagai program pembangunan, kecuali dalam mengentaskan kemiskinan.
"Saya mencari data tentang Wahidin Halim, yang saya temukan prestasi dan keberhasilan. Investasi meningkat, PAD naik diiringi APBD, Indeks Pembanguan Manusia (IPM) skala nasional, yang didalamnya ada 14 indikator bagus semua. Kecuali satu indikator, mengentas kemiskinan kurang berhasil," katanya, saat menjadi panelis Diskusi Pilkada yang diselenggarakan Pokja Wartawan Harian Tangerang, Senin (8/4/2013).

Menurut Zaki, berdasarkan laporan Badan Pusat STatistik (BPS) tahun 2012, data keluarga miskin meningkat 5 %. Angka ini konsisten dengan data tahun 2011 yang juga lima persen.

"Hal ini seperti memberi karpet merah buat pendatang, tapi penduduknya sendiri bobrok. Transportasi kota tidak diimbangi dengan transportasi masyarakat. Banyak perusahaan, tapi lapangan kerja yang tersedia hanya level rendah seperti buruh pabrik. Keberhasilan Wahidin lebih pada membangun Kota tapi kurang pada membangun masyarakatnya," terangnya.

Zaki juga mengatakan, masalah ini biasa terjadi di daerah-daerah penyangga Ibu Kota, tidak hanya di Kota Tangerang. Kota yang petumbuhan di tiap kecamatan bagus, tapi ada titik-titik yang masih termajinalkan.

"Seperti Mahasiswa UIN yang berasal dari Tangerang. Mereka susah sekali mendapat beasiswa UIN. Tapi kalau yang punya KTP Jakarta sudah pasti dapat. Karena di Tangerang beasiswanya dialokasikan hanya sampai SMU. Kalo begitu ubah saja pakai KTP Jakarta," tukasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4965 seconds (0.1#10.140)