Antisipasi Banjir, Satgas SDA Penjaringan Kuras Saluran di Kawasan Pluit

Selasa, 05 April 2022 - 04:24 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, Satgas SDA Penjaringan Kuras Saluran di Kawasan Pluit
Satgas SDA Penjaringan kuras saluran air di kawasan Pluit, Jakarta Utara. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Satuan Tugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Penjaringan melakukan pengurasan saluran air di Jalan Ongki, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (4/4/20202). Pengurasan saluran ini untuk menghindari genangan banjir di kawasan itu.

Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Penjaringan Pendi mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memaksimalkan fungsi saluran yang ada di kawasan permukiman RW 09, Penjaringan, Jakarta Utara.

”Karena tanah dan sampah sudah terlalu banyak berada di dalam saluran, kami khawatir jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi saluran tidak dapat menampung,” kata Pendi, Selasa (5/4/2022).

”Yang penting sudah lama dan mengalirkan air dengan baik. Mencegah terjadinya genangan di lingkungan RW 09, saluran di Jalan Ongki kami bersihkan,” sambungnya.

Adapun dalam pengurasan ini, Pendi mengungakapkan, jika pihaknya mengerahkan sebanyak sepuluh orang personel SDA dengan diibantu alat perlengkapan sederhana. ”Kita pacul, linggis, pahat, ember, dan karung.Untuk mengembalikan fungsi saluran,” ungkapnya.

Pendi menargetkan pengurasan akan selesai dalam waktu satu bulan. ”Pengerjaan pembersihan saluran yang memiliki panjang 100 meter, lebar 60 sentimeter, dan tinggi 80 meter tersebut diperkirakan selesai dalam waktu 30 hari,” tuturnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)