Falakiyah Ponpes Al-Hidayah Basmol Kembangan Pastikan Hilal Tak Terlihat

Jum'at, 01 April 2022 - 19:37 WIB
loading...
Falakiyah Ponpes Al-Hidayah Basmol Kembangan Pastikan Hilal Tak Terlihat
Ponpes Al-Hidayah Basmol Kembangan pastikan hilal tak terlihat. Foto/MPI/Dimas Choirul
A A A
Lembaga Falakiyah Pondok Pesantren Al Hidayah Basmol, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat memastikan tinggi hilal pada tanggal Jumat, 1 April 2022 tidak tampak. Hal itu dipastikan setelah pemantauan selama sembilan menit di tengah cuaca mendung.

”Sama-sama kita ketahui bahwa cuaca juga tidak cukup mendukung melihat hilal. Di samping itu pula ketinggian hilal juga sangat kecil kurang dari tiga derajat,” kata Ahli Falak H Mawardi kepada wartawan, Jumat (1/4/2022). Mawardi melanjutkan, meski tidak terlihat tapi pihaknya masih menunggu keputusan sidang isbat atau sidang penentuan bulan Ramadhan dari Kementerian Agama.

Sebab kata dia, pemantauan hilal di Jakarta tidak hanya dilakukan di Basmol saja tapi juga di sejumlah wilayah. ”Terkait puasa (awal ramadan) kita masih tunggu keputusan pemerintah nanti malam mungkin akan diadakan sidang isbat,”ungkapnya.

Sebelumnya, Lembaga Falakiyah Pondok Pesantren Al Hidayah, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat menerjunkan dua teleskop untuk memantau hilal di Masjid Musari'in Jumat (1/4/2022).Sejumlah warga pun turut penasaran dengan melihat di atas masjid secara bergantian. Mereka mengintip terbenamnya matahari dari teleskop di bagian paling atas.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)