Pulau Karya Jadi Lokasi Pemantauan Hilal 1 Ramadhan, JIC : Pandangannya Bagus dan Luas

Jum'at, 01 April 2022 - 18:45 WIB
loading...
Pulau Karya Jadi Lokasi Pemantauan Hilal 1 Ramadhan, JIC : Pandangannya Bagus dan Luas
Pulau Karya, Kabupaten Kepulauan Seribu menjadi tempat untuk pemantauan hilan 1 Ramadhan 1443 H. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam upaya menentukan 1 Ramadhan 1443 Hijriah. Sejumlah tempat dijadikan untuk tempat pemantauan hilal, salah satunya adalah di Pulau Karya, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kepala Unit Pengelola Kawasan Jakarta Islamic Centre (JIC) Ahmad Juhandi mengatakan pihaknya menunjuk di Pulau Karya dikarenakan sangat mendukung untuk pemantauan hilal.

“Pulau Karya dipilih karena kajian kita pulau itu pandangannya bagus dan luas. Objeknya bisa dipantau, diteropong, kita bisa lihat di sana,” Kata Juhandi, Jumat (1/4/2022).

Dikatakan Juhandi, lokasi dari Pulau Karya selain sangat mendukung. Pada pulau ini dianggap lokasi yang paling bebas dari polusi seperti yang terjadi di wilayah DKI Jakarta.“Kalau di Jakarta polusi cahayanya tinggi, maka kita putuskan untuk bergerak ke Pulau Karya, sudah 4-5 tahun dan hasilnya bagus,” ujarnya.

Juhandi menambahkan jika tim pemantauan hilal JIC juga sudah berangkat hari ini, Jumat (1/4/2022) untuk penentuan kapan umat Islam mulai berpuasa. “Nanti kita lihat laporan di sana, hisabnya kita lihat, rukyatnya kita lihat,” sambungnya.

Apabila pemantauan hilal di Pulau Karya sesuai dengan arahan dari Kementerian Agama (Kemenag) untuk penentuan awal Ramadan.”Biasanya itu ikuti bersama sidang istbat-nya dari Kemenag karena tim dari JIC ini sudah ditetapkan oleh Kemenag sebagai salah satu objek rukyatul hilal di Jakarta,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)