Sri Untoro: Guru Sebagai Jalan Mencari Bekal untuk Akhirat

Rabu, 30 Maret 2022 - 18:14 WIB
loading...
Sri Untoro: Guru Sebagai Jalan Mencari Bekal untuk Akhirat
Sri Untoro saat ini mengampu mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sebuah SMK di Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Menjadi guru bagi Sri Untoro (64) adalah persiapan untuk mencari bekal yang akan dia bawa di kehidupan selanjutnya. Sri saat ini mengampu mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sebuah SMK di Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.

Sri Untoro berhasil menyelesaikan studi sarjananya pada tahun lalu. Saat itu sebenarnya usia Sri tidak lagi terhitung muda yakni 64 tahun. Namun, dia tetap menyalakan semangat untuk dunia pendidikan.
Baca juga: Sambut Ramadhan, ACT Ajak Umat Islam Perbanyak Sedekah

Perjalanan Sri dalam dunia pendidikan tidak langsung mulus. Saat mengajar sebuah SD di pertengahan tahun 90-an, dia sempat berhenti selama lima tahun dan bekerja di pabrik demi mencukupi kebutuhan hidup. “Tapi, karena panggilan hati, saya kembali mengajar setelah berhenti kerja pabrik,” ujar Sri, Selasa (1/3/2022).

Walaupun sudah mengajar puluhan tahun, status Sri sebagai guru masih honorer. Gaji yang dia dapat sebagai guru sebesar Rp400 ribu per bulan dan terkadang dibayarkan secara rapel selama tiga bulan sekali.

Listrik di rumah Sri pun masih berasal dari listrik tetangga karena di rumahnya tidak terdapat meteran listrik. Namun, di tengah kesulitan tersebut Sri tetap mengabdi untuk dunia pendidikan. “Prinsip saya, menjadi guru merupakan ladang amal untuk pulang ke alam sana nanti,” tuturnya.
Baca juga: Meriahkan Ramadhan, ACT Garap Web Series Atap Padang Mahsyar

Global Zakat-ACT memberikan dukungan kepada Sri melalui program Sahabat Guru Indonesia. Lewat program ini, Sri mendapatkan bantuan berupa paket pangan. Diharapkan lewat bantuan ini dapat turut mendorong semangat Sri dalam perjuangannya di dunia pendidikan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)