Anies: Penataan 4 Stasiun Terintegrasi Hasil Kolaborasi Pengelola

Rabu, 17 Juni 2020 - 16:31 WIB
loading...
Anies: Penataan 4 Stasiun Terintegrasi Hasil Kolaborasi Pengelola
Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, satu dari empat stasiun di Jakarta yang kini telah ditata dan terintegrasi dengan angkutan umum lainnya.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi hasil gotong royong kolaborasi penataan empat stasiun terintegrasi. Dengan kolaborasi hal yang tidak mungkin pun menjadi mungkin.

Anies mengatakan, bicara integrasi moda transportasi itu bukan hanya integrasi penumpangnya. Menurutnya, integrasi itu dimulai dari gotong royong diantara pengelolanya.

"Hari ini semangat gotong royong kolaborasi betul-betul terbangun dan dicerminkan dari terwujudnya empat stasiun terintegrasi di Jakarta. Jadi dengan semangat itulah kita bahu-membahu apa yang tidak mungkin menjadi mungkin dan menjadi kenyataan saat ini," kata Anies usai meresmikan penataan empat stasiun di Stasiun Tanah abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/6/2020).

Anies menjelaskan, penataan empat stasiun terintegrasi ini merupakan kemajuan transportasi di Ibu Kota yang melalui perjalanan panjang untuk bisa sampai seperti ini. Tiga atau empat bulan lalu, kata dia, berada di sini ini adalah kawasan yang sangat kumuh jauh dari aman tidak sehat dan kurang sedap dipandang apalagi jadi gambar selfie.

"Alhamdulillah sekarang sudah berubah menjadi fasilitas publik yang nyaman," pungkasnya. (Baca: Makin Cantik, Penataan Empat Stasiun KA Rampung dan Akan Diuji Coba)

Hadir pula dalam peresmian itu Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah. Dalam acara itu pula ditandatangani nota kerja sama antara PT MRT Jakarta, PT KAI, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Diketahui sebelumnya, PT KAI bersinergi dengan PT MRT Jakarta menata empat kawasan stasiun, yakni Tanah Abang, Juanda, Pasar Senen, dan Sudirman. Ditatanya empat kawasan itu untuk memudahkan penumpang berpindah moda dari kereta ke moda lainnya seperti Transjakarta, angkutan kota, ojek pangkalan maupun ojek online, serta memberi kenyamanan para pejalan kaki melalui pembangunan trotoar. Kawasan stasiun juga ditata agar memberi ruang yang cukup dan teratur, sehingga terintegrasi dengan moda-moda angkutan umum.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)