Jorok! Sungai Cileungsi Bogor Keluarkan Aroma Bau Busuk

Jum'at, 25 Maret 2022 - 16:12 WIB
loading...
Jorok! Sungai Cileungsi Bogor Keluarkan Aroma Bau Busuk
Warga Villa Nusa Indah 5, Gunung Putri, Kabupaten Bogor mengeluhkan bau menyengat dari Sungai Cileungsi. Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Warga Villa Nusa Indah 5, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor mengeluhkan bau menyengat dari Sungai Cileungsi. Diduga, aliran sungai tersebut telah tercemar oleh limbah industri.

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) Puarman mengatakan pihaknya mendapat laporan dari warga yang sudah mengeluhkan kondisi bau menyengat tersebut sejak Kamis 23 Maret 2022.

”Bau menyengat juga dirasakan warga yang bermukim di sekitar Curug Parigi. Lokasi ini berada berseberangan dengan Villa Nusa Indah 5,” kata Puarman, Jumat (25/3/2022).

Dari laporan tersebut, KP2C melakukan pengecekan aliran sungai. Tak hanya bau menyengat, terlihat buih busa dan ikan yang mati diduga tercemar limbah. ”Biasanya bau menyengat mulai jam 18.00 WIB sampai 03.00 WIB,” tambahnya.

Kemudian, pihaknya meneruskan laporan dugaan pencemaran Sungai Cileungsi ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor untuk dilakukan pengecekan. Timnya pun melakukan patroli sungai.”KP2C mengutuk pihak-pihak yang masih membuang limbah ke sungai,” tegasnya.

Dia berharap percepatan normalisasi Sungai Cileungsi agar segera direalisasikan. Karena, dapat meminimalisasi dugaan pencemaran sungai yang terjadi di Sungai Cileungsi.

”Persoalan utama Sungai Cileungsi meluapnya air sungai dan menimbulkan banjir selain (diduga) limbah industri. Sementara Sungai Cikeas persoalan utama adalah sampah bambu,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)