BEM se-Jakarta Dukung Puan Tolak Penundaan Pemilu 2024

Senin, 21 Maret 2022 - 14:31 WIB
loading...
BEM se-Jakarta Dukung Puan Tolak Penundaan Pemilu 2024
Pemilih muda Indonesia secara umum memiliki karakteristik cerdas dan logis. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemilih muda Indonesia secara umum memiliki karakteristik cerdas dan logis. Pemuda dalam melihat isu penundaan Pemilu 2024 sikap mereka adalah menolak karena akan melanggar konstitusi .

“Pemilih muda dalam arti lain satu sikap dengan Puan. Ini bagi Puan adalah potensi untuk menggaet simpati mereka,” kata Koordinator Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Jakarta Andre melalui keterangannya, Senin (21/3/2022).

Dia melihat pemilih muda akan melihat tokoh yang menolak pemilu ditunda sebagai figur yang taat pada konstitusi. Selain itu, kata dia, juga tertib dan patuh pada aturan bernegara. Ini tentu kontras dengan elite politik lain yang mewacanakan penundaan pemilu.

Di mana dilihat publik sebagai sikap dalam rangka memenuhi kepentingan politik pragmatis semata.

Andre menambahkan sisi lain yang bisa menarik pemilih muda adalah terkait pengalaman Puan. Dimana figurnya sarat akan pengalaman dalam politik nasional.

“Puan memiliki track record dalam mengisi beragam jabatan publik seperti anggota DPR serta pernah menjadi menteri. Ini dapat mendatangkan efek positif untuk branding di Pemilu 2024,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Ketua DPR Puan Maharani menolak tegas ide penundaan Pemilu 2024. Tindakan tersebut dianggap menabrak konstitusi UUD 1945. Dia menyebut, DPR dan pemerintah sudah menyepakati pelaksanaannya pada 14 Februari 2024.

“Ini adalah agenda negara dan sudah ada mekanismenya. Jadi harus kita jalankan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya saat berpidato di rapat paripurna di DPR RI, Selasa 15 Maret 2022.

Karena itu, kata dia, ini menjadi tanggung jawab bersama untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai instrumen demokrasi berkualitas dalam menyuarakan kehendak rakyat. Dia juga berpesan agar tahapan persiapan pelaksanaan pemilu dilakukan secara cermat mulai dari segi anggaran hingga regulasinya.

“Alat Kelengkapan Dewan (AKD) harus memastikan semua aspek menuju pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lancar mulai dari kebutuhan anggaran, teknis, serta regulasi-regulasi pelaksanaanya. Karena tahap persiapan pemilu 2024 sudah dimulai di tahun 2022 ini” tuturnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)